Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, nonton bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perbedaan Dongeng, Legenda, Mitos, Fabel, dan Hikayat

3 Agustus 2018   21:13 Diperbarui: 3 Agustus 2018   21:46 16354 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan Dongeng, Legenda, Mitos, Fabel, dan Hikayat
Ilustrasi cerita rakyat Malin Kundang (Gambar Naracerita.com)

Cerita rakyat menjadi bagian dari kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki setiap bangsa. Begitu juga dengan Indonesia, jika digali dengan sungguh-sungguh, negeri kita sebenarnya memiliki cerita rakyat yang menarik.

Cerita rakyat dapat diartikan sebagai ekspresi budaya suatu masyarakat melalui bahasa tutur yang berhubungan langsung dengan berbagai aspek budaya dan susunan nilai sosial masyarakat tersebut. Dahulu, cerita rakyat diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya secara lisan (Suripan Sadi Hutomo, 1991: 4).

Pada umumnya cerita rakyat mengisahkan tentang kejadian berbagai hal, seperti kejadian alam semesta.  Adapun tokoh-tokoh dalam cerita rakyat biasanya ditampilkan dalam berbagai wujud baik berupa binatang, manusia maupun dewa, yang kesemuanya disifatkan sebagai manusia.

Cerita rakyat sangat digemari oleh masyarakat karena dapat dijadikan sebagai suri tauladan, pelipur lara, serta bersifat jenaka. Selain itu cerita rakyat juga mengandung ajaran budi pekerti atau pendidikan moral dan hiburan bagi masyarakat.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia setidaknya ada 5 macam jenis cerita rakyat yang masing-masing memiliki perbedaan tetapi ada kesamaan di dalamnya. Untuk lebih jelasnya berikut perbedaan antara dongeng, legenda, mitos, fabel dan hikayat :

Dongeng

Dongeng adalah bentuk sastra lama yang menceritakan tentang suatu kejadian luar biasa yang penuh dengan khayalan (fiksi) dan dianggap tidak benar-benar terjadi. Fungsi dongeng adalah untuk menyampaikan pesan moral atau mendidik dan menghibur.

Legenda

Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi oleh yang mempunyai cerita tersebut. Biasanya legenda kerap dijadikan sebagai sejarah kolektif.

Mitos

Mitos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan suatu kisah yang berlatarbelakang masa lalu. Mitos juga sering diartikan sebagai cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara ghaib.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN