Mohon tunggu...
Didi NurArif
Didi NurArif Mohon Tunggu... Guru - Asli

Data diri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendekatan Lingkungan Alam Demi Meningkatkan IQ Siswa

20 April 2021   10:50 Diperbarui: 20 April 2021   10:58 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENDEKATAN LINGKUNGAN  ALAM  DEMI  MENINGKATKAN IQ SISWA  

Pembelajaran pendekatan lingkungan  merupakan strategi pendidikan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan alam sebagai bagian dari proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran ini dengan cara berbaur langsung dengan alam dan lingkungan sekitar sekolah . Keterlibatan aktif peserta didik dalam belajar akan menimbulkan  nilai-nilai yang ditanamkan melalui pengalaman dan rasa empati terhadap lingkungan. Dalam hal ini guru tidak hanya menyampaikan secara teori  namun juga mentransferkan nilai-nilai yang diambil dari kegiatan pembelajaran.Selain itu, dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik berbasis Alam perlu memperhatikan pemilihan sumber belajar. Beberapa sumber belajar yang efektif digunakan antara lain: lingkungan sekitar, literatur, audio visual,buku dan materi yang di sampaikan guru . Untuk mencapai perencanaan yang maksimal ,seorang guru harus dapat menentukan startegi apa yang di gunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai . Melalui perencanaan yang baik,setikadnya dapat mengantisipasi permasalahan yang nantinya akan muncul , sehingga pembelajaran berjalan dengan normal dan keberhasilan pembelajaran tercapai.Dengan demikian guru dapat menggunakan waktu secara efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran dan keberhasilan pembelajaran .Selain itu, perencanaan pembelajaran yang baik bertujuan menguatkan karakter pendidik guna meningkatkan kompetensi yang di harapkan.

Kemampuan berpikir kritis seorang calon guru IPA  seharusnya mengarah kedalam penyelidikan dan harus memahami lingkungan sekitar dimana seseorang yang mempunyai kemampuan berpikir kritis berarti mampu menghubungkan, memanipulasi, dan menstransformasi pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki untuk menentukan keputusan dan memecahkan masalah pada situasi baru. Melalui Pendekatan lingkungan  siswa mampu mendapatkan ilmu pengetahuan yang berharga.Demikian juga sebaliknya melalui pembelajaran IPA siswa dapat lebih dekat dengan lingkungan serta mengetahui bagaimana melestarikan lingkungan tersebut.Dengan demikian Lingkungan sekitar menjadi media yang efektif dan penting dalam kegiatan pembelajaran IPA . Karena di lingkungan siswa akan menemukan berbagai permasalahan dan menemukan berbagai pula solusinya melalui Lingkungan sekitarnya.Namun kenyataan pembelajaran IPA di sekolah dasar Dihadapan pada berbagai masalah seperti fasilitas ,buku , media dan dana sehingga dalam penerapannya kurang memadai sehingga mutu pembelajaran IPA akan rendah.

Para pakar pendidikan juga mengemukakan bahwa pendidikan IPA disamping berupaya m membina kecerdasan intelektual , keterampilan dan ragamnya,juga membina jiwa dan hati nurani. Berarti secara umum pendidikan IPA juga membina kecerdasan intelektual (IQ)dan kecerdasan emosional (EQ). Tetapi saat ini untuk menghadapi tantangan kehidupan yang begitu kompleks, tidak hanya dengan berbekal kecerdasan intelektual saja , karena IQ hanya mengukur salah satu bentuk kemampuan intelektual saja dan masih banyak kemampuan lain yang belum tersentuh oleh IQ.pada.peribsipnya manusia harus sadar bahwa setiap manusia memiliki segudang kecerdasan, tetapi jika tidak dibarengi dengan kecerdasan spiritual jiwa manusia tidak akan meresahkan kebahagiaan.Pendidikan Pendekatan lingkungan alam disekolah sangat diperlukan, walaupun dasar dari pendidikan adalah keluarga.Karena pembentukan siswa di sekolah bertumpu pada kurikulum.Namun dengan konsep pendekatan lingkungan telah terjadi pergeseran paradigma untuk mengatasi masalah pendidikan IPA.Dengan pendekatan lingkungan alam guna menambah IQ anak dengan memberikan pertanyaan pertanyaan seputar Lingkungan agar anak itu lebih fresh lagi dalam berfikir .Adapun dapat dilakukan dalam bentuk mengajak siswa mengadakan pengamatan langsung ke lapangan atau dengan memindahkan kondisi lapangan ke kondisi yang lebih ideal.Pembelajaran IPA yang berorientasi pada lingkungan akan menambah IQ karena peserta didik diberi kesempatan memahami proses IPA yang berkaitan dengan lingkungan atau alam.Selain hal tersebut Lingkungan hidup sebagai sarana pendidikan serta memberikan keuntungan dan kelebihan bagi peserta didik salah satunya dengan pengamatan langsung akan lebih mendorong lebih memiliki pengetahuan yang lebih jauh tentang masalah yang di hadapi daripada yang hanya belajar di dalam ruangan terus.Dengan demikian pendekat Lingkungan alam lebih efektif guna menambah IQ siswa karena apa belajar di alam langsung atau lingkungan langsung baik guru maupun siswa cara berfikir akan menjadi lebih fresh. Pembelajaran akan berjalan lebih menyenangkan daripada hanya di ruang karena di luar pembelajaran akan lebih terlihat nyata karena berbagai objek pembelajaran dapat dilihat bahkan dirasakan langsung.

           Pendekatan lingkungan adalah  sebagai sang pelintas dalam dunia pendidikan yang memiliki nilai-nilai pendidikan yang lebih asli dalam proses pembelajaran . Karena mereka dengan pendekatan lingkungan  di sekolah yang pada dasarnya didominasi pembelajaran di dalam kelas. Pakar dan ahli materi menyatakan bahwa bahan ajar pendekat Lingkungan lebih  layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Bagi guru yang akan menggunakan media pendekat Lingkungan  yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat menambahkan pengetahuan ilmiah pada kegiatan yang sesuai dengan materi pembelajaran. Guru dapat menumbuhkan nilai karakter pada siswa.Karena guru merupakan tenaga pendidik yang akan menghasilkan anak didik yang berkualitas dengan memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik oleh karena itu pernah guru sangatlah penting untuk pembangunan nasional bangsa Indonesia serta melahirkan generasi generasi yang berkualitas demi masa depan . adapun kegiatan Yaitu seperti tahapannya yaitu penentuan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau siswa dan kemajuan proyek, penilaian hasil  evaluasi pengalaman serta menambah mutukan IQ siswa demi melahirkan bibit pemimpin bangsa yang cerdas dan luar biasa bagi bangsanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun