Mohon tunggu...
Dicky Hari Purnomo
Dicky Hari Purnomo Mohon Tunggu... Ikut serta dalam karya penyempurnaan ciptaan Ilahi

Memulai karier dari seorang Sales alat teknik sejak 2005 ,sampai 2010 mulai mencoba menjadi marketer alat kebersihan. Karena sudah merasa cukup sampai tahun 2016 mencoba ber wirausaha di bisnis besi dan alat keselamatan kerja sampai sekarang. Semenjak Corona melanda, memaksa merubah halauan dari off line marketing menjadi digital marketing. Sekarang saya seorang pemula yang ingin belajar dunia maya. Salam Sehat dan waras bagi seluruh masyarakat Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Rahasia Sukses Bisnis Kopi di Tengah Pandemi

1 Oktober 2020   13:44 Diperbarui: 1 Oktober 2020   14:58 291 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rahasia Sukses Bisnis Kopi di Tengah Pandemi
Coffee Roaster machine

Rahasia Sukses Bisnis Kopi di tengah Pandemi bukan hanya slogan melainan bisa jadi kenyataan jika kita bisa mengenal cara mengolah kopi dan pasar yang akan kita bidik.

BAGAIMANA BIJI KOPI DIROASTING?

Biji kopi mentah dimasukkan ke dalam loader dan kemudian diteruskan ke dalam drum yang berputar. Drum dipanaskan terlebih dahulu hingga suhu sekitar 240 derajat. Setelah 12-15 menit tergantung pada jenis pemanggangan, biji yang telah dipanggang akan keluar dari drum pada suhu sekitar 195 derajat dan kemudian dikeluarkan ke dalam nampan pendingin di bagian depan pemanggang. Biji kopi kemudian melewati bagian mesin yang dapat menghilangkan batu atau puing-puing sebelum diperiksa dengan tangan apakah ada cacat, dan setelah didinginkan sepenuhnya, akhirnya dikemas untuk dijual.

MELIHAT PROSES COFFE ROASTING.

Pertama, biji dimasukkan ke dalam drum di dalam pemanggang, yang berputar di atas pembakar gas dan mengaduk kopi.

Proses roasting yang kita bahas kali ini  khusus untuk roasting kopi espresso, dimana bahan baku dari Indonesia dan akan memakan waktu sekitar 12-15 menit menggunakan 3 kilogram "green bean" mentah. Sebelum menjadi green bean kering, buah kopi (coffe cherry) melalui beberapa proses treatment  pasca panen seperti pada saat buah kopi dipetik, semua daging buah dan kulit buah dikeluarkan sebelum proses pengeringan biji kopi, adapun contoh metode pasca panen yang biasa dipakai adalah:

  • Metode basah : Full washed atau semi washed
  • Metode kering : honey process atau natural process

Proses pasca panen ini yang membuat kopi benar-benar bersih dan seimbang dengan banyak cita rasa.

Check copi
Check copi

Pada tahap awal, proses roasting bisa berbau seperti jerami bakar. Secara alami, indra kita perlu dilatih untuk roasting kopi, karena semua aroma selain aroma kopi melayang di ruang roastery, sehingga kita harus jeli membedakan masing masing aroma tersebut. Inilah cara kita benar-benar belajar coffe roasting, tanpa bantuan perangkat lunak dan sensor.

Pemanggang espresso membutuhkan waktu lebih lama untuk mengekstrak lebih banyak rasa manis dari biji kopi. Jadi biji kopi dipanggang sedikit lebih lama daripada untuk kopi saring biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN