Mohon tunggu...
Dede Diaz Abdurahman
Dede Diaz Abdurahman Mohon Tunggu... Freelancer - Travel Blogger

Google Street View Trusted Photographer Content creator, vlogger, hobi travelling, suka foto, ngeblog, baca buku, footballover & coffee addict

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

PPG Patrapala Kembali Gelar Pengibaran Bendera Raksasa di Salah Satu Peninggalan Era Daendels

19 Agustus 2022   11:13 Diperbarui: 19 Agustus 2022   11:18 210 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengibaran bendera raksasa di Jembatan Citarum Cipatat

Suasana kemeriahan perayaan HUT Kemerdekaan negeri ini yang ke-77 tahun terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Wabah covid 19 yang menyerang hampir seluruh belahan dunia secara tidak langsung berdampak terhadap aktivitas masyarakat, terutama di saat perayaan HUT RI di negeri kita. 

Banyak aturan yang membatasi aktivitas ketika berkumpul dengan banyak orang. Tetapi tahun ini akhirnya semuanya secara perlahan berubah. Hampir disemua belahan wilayah Indonesia masyarakat sudah banyak yang tidak menggunakan masker ketika berada diluar ruangan.

Seperti yang saya saksikan di salah satu tempat yang juga merupakan peninggalan Jalan Raya Pos (De Groote Postweg) era Gubernur Jenderal Herman Wilem Daendels, yakni Jembatan Lama Citarum. 

Di jembatan yang membentang menyambungkan Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur ini dilaksanakan kegiatan pengibaran bendera raksasa dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 tahun. Kegiatan yang diinisiasi oleh PPG PATRAPALA bekerjasama dengan MILENIAL RESCUE INDONESIA, HISPALA SMAN 1 PADALARANG, MPBS INDONESIA, SIGAB PERSIS KBB, serta Tim kesehatan dari CORE STIKES ACHMAD YANI.

Berfoto bersama setelah kegiatan selesai
Berfoto bersama setelah kegiatan selesai
Menurut penanggung jawab kegiatan, Hasan "Uyek" Abdul Rohman yang juga merupakan Ketua PPG Patrapala, kegiatan ini terselenggara atas dasar semangat juang para penggiat generasi muda, para relawan dari beberapa organisasi dengan semangat kolaborasi demi Indonesia agar Pulih Lebih Cepat & Bangkit Lebih Kuat. 

"Harapannya dengan diadakannya kegiatan pengibaran ini menjadi salah satu pengingat dari jasa-jasa pahlawan, jasa-jasa sesepuh kita terdahulu agar kita dapat meneruskan perjuangan ini menjaga dan memelihara kemerdekaan Indonesia dan menjadikan Indonesia negara yang lebih unggul dalam segala bidang", ungkap Hasan.

Kegiatan pengibaran bendera raksasa dengan ukuran 10 meter x 15 meter ini ternyata bukan pertama kalinya dilakukan di jembatan lama Citarum. Kegiatan serupa juga pernah dilaksanakan ditahun 2013 serta tahun 2021 kemarin. 

Para pengibar mengibarkan bendera raksasa dengan cara rapelling yakni menuruni jembatan lama Citarum menggunakan tali dari atas ketinggian 30 meter.

 Dengan diiringi Lagu Indonesia Raya, pelaksanaan pengibaran bendera yang dihadiri sekitar 25 orang dari berbagai komunitas berlangsung secara khidmat. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa semakin meningkatkan rasa nasionalisme kita sebagai warga negara Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan