Mohon tunggu...
Diaz Ayu Rengganis
Diaz Ayu Rengganis Mohon Tunggu... Mahasiswa - yayazzzz

inspirasi nulis blog: siapa tau bisa jadi wartawan padepokan xixixi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Analisis Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM "Jaya Boga Donuts"

9 September 2021   22:56 Diperbarui: 9 September 2021   23:01 166 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Nama: Diaz Ayu Rengganis

NIM: 210503110077

Jurusan: Perbankan Syariah

Pandemi COVID-19 merupakan sebuah permasalahan global yang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun berdampak pula pada sektor perekonomian. Adanya pandemi ini tentunya memberikan dampak dan perubahan besar khususnya pada perekonomian Indonesia. Pandemi ini berimplikasi terhadap ancaman krisis ekonomi yang ditandai dengan terhentinya sebagian aktivitas produksi, menurunnya tingkat konsumsi masyarakat, serta hilangnya kepercayaan masyarakat.

Pada perekonomian domestik dan keberadaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) terjadi dampak yang sangat signifikan mulai dari menurunnya omzet hingga berkurangnya pelanggan. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha yang merupakan bagian penting dari masyarakat. UMKM memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dalam mengatasi kemiskinan. UMKM banyak memberikan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto dengan menyerap hampir 97% total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan pekerjaan. UMKM telah banyak berpengaruh terhadap perluasan kesempatan kerja dan lapangan pekerjaan.

Sebenarnya, adanya pandemi Covid-19 ini bisa saja memberikan peluang baru tetapi juga memberikan kendala baru terhadap sektor UMKM. Dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini mengharuskan pemilik usaha memutar otak guna bertahan di keadaan serba online ini. Pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan sumber daya dan memunculkan ide baru untuk keberlangsungan usaha di tengah arus pandemi global. Inovasi dan kreatifitas diharapkan bisa menjadi solusi bertahan di keadaan ini. Mengapa?

Pelaku usaha khususnya UMKM harus punya pola pikir positif dan ide kreatif untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul. Selain itu, pelaku usaha harus pintar melihat dan memanfaaatkan peluang kerja baru dalam menghadapi krisis di masa pandemi. Perusahaan dan pengusaha UMKM harus berfokus kepada upaya bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial yang kritis dan mendesak sekarang ini.

Analisis ini dilakukan terhadap salah satu UMKM di daerah tempat tinggal saya. Yaitu Jaya Boga Donuts. UMKM ini bergerak di bidang kuliner atau usaha boga. Produk yang dijual oleh Jaya Boga Donuts tidak hanya kue-kue atau roti, namun juga menerima pesanan snack dan katering.

"Ya untuk mengawali usaha boga ini saya mengawali sejak tahun 2012. Setelah itu berjalan stagnan, di situ yang penting kita jalan. Juga sambil belajar karena memang awalnya basic prinsip pendidikan saya itu jurusan Tata Boga, sehingga ada motivasi tersendiri bagaimana saya harus mendalami dunia boga tersebut. Kemudian untuk pendirian outlet Jaya Boga Donuts itu kita berdiri sejak tahun 2020 kemarin pada bulan November. Outlet itu malah berasal dari akibat pandemi yang awalnya dulu dunia boga itu hanya saya gunakan untuk sampingan karena sebelumnya saya mengajar, jadi untuk terjun langsung ke dunia bisnis. Waktu itu masih setengah-setengah seperti itu dan akibat dari pandemi ini kemarin kan belajarnya itu adalah belajar online, yang jadi saya sambil dengan terima orderan. Sebelumnya saya terima orderan seperti itu kemudian Alhamdulillah banyak sekali yang kemudian cocok dengan produk Jaya Boga. Akhirnya kita mendirikan outlet tersebut itu yang bertempat di Pakis Baru dan alhamdulillah bulan Maret kemarin itu Alhamdulillah kita sudah buka di Nawangan untuk outlet kedua kami," jelas Bu Lasmini selaku owner dari outlet Jaya Boga Donuts.

Cabang pertama dari outlet Jaya Boga sendiri terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Pertigaan Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Outlet ini buka mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00 sore. Produk-produk yang dijual di outlet pun beragam. Ada donat, pizza mini, roti boy, dan jenis-jenis kue lainnya, baik kue kering ataupun jenis rori-roti.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan