Mohon tunggu...
Diar Ronayu
Diar Ronayu Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger dan Youtuber

Video creator di Channel YouTube Mama Unakira, sesekali menulis di unakira.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Manfaat Serbaguna Daun Sirih

15 Agustus 2019   15:32 Diperbarui: 15 Agustus 2019   21:15 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mulanya tak ada niat untuk menanam daun sirih di pekarangan rumah. Karena alih -- alih menanam  tanaman obat semacam sirih, saya lebih cenderung menanam tanaman buah atau sayur mayur yang bisa dikonsumsi. Apalagi, lahan dirumah juga tak seberapa luas. Jadi saya juga sedikit pilih -- pilih jika hendak bercocok tanam. Namun karena bibit sirih ini pemberian, mau tak mau saya pun menanamnya, demi menghormati si pemberi bibit.

Dalam waktu beberapa bulan saja, tanaman daun sirih itu tumbuh subur dan mulai merambati tiang kanopi depan rumah. Meskipun begitu, saya masih tak tertarik untuk memanfaatkannya. Karena memang merasa tak membutuhkan. Hingga suatu ketika, seorang tetangga datang meminta ijin memetik beberapa daun sirih untuk mengobati matanya yang iritasi.

"Sirihnya taruh di piring kaca, terus diseduh air panas, Mbak. Nanti kalau sudah dingin, sirihnya diambil. Terus matanya dirimbang (dicelup) ke air sirih itu. Tar seger deh, kotoran mata pada keluar semua."

Ooo iya. Barulah saya ingat, bertahun -- tahun lalu seorang teman pernah bercerita tentang kebiasaannya merimbang mata dengan rendaman air daun sirih untuk menyegarkan mata. Saya kira, merimbang mata dengan rendaman air daun sirih manfaatnya mirip dengan obat tetes mata ya, bisa untuk meredakan gangguan mata karena iritasi, sekaligus menyegarkan mata.

Dilain waktu ketika ibu mertua berkunjung, ia terkagum -- kagum dengan rimbunnya daun sirih yang saya tanam itu. Dan respon ibu mertua sesudahnya membuat saya kaget.

Setelah matanya mencari -- cari pucuk daun sirih yang masih muda, tangannya serta merta memetik pucuk daun tersebut, lalu mengunyahnya.

"Ini bisa dilalap, Diar. ", lanjut ibu mertua, sambil memetik pucuk -- pucuk daun sirih berikutnya.

Whattt? Kata saya dalam hati.

dokpri
dokpri
Setelah saya coba, rasanya agak pedes nyelekit dan ada wangi khas sirih. Acceptable sih di lidah. Tapi lalap daun sirih ini sepertinya bakal lebih enak kalau dimakan bareng nasi putih hangat plus ayam geprek dan sambel terasi pedes deh, hehe.

Well, lama kelamaan saya jadi tahu kalau kegunaan daun sirih tidak terbatas pada 2 hal tadi saja. Contohnya seperti di bawah ini :

1. Untuk mengobati batuk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun