Mohon tunggu...
Diantika IE
Diantika IE Mohon Tunggu... Freelancer

Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pemuda Wajib Anti Narkoba Tapi Jangan Sampai Anti Pramuka

9 November 2019   17:05 Diperbarui: 9 November 2019   17:12 201 4 2 Mohon Tunggu...
Pemuda Wajib Anti Narkoba Tapi Jangan Sampai Anti Pramuka
Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Seperti kita ketahui, pemuda merupakan pengguna narkoba paling banyak. Berbagai pemberitaan dan penyataan mengatakan demikian. Berdasarkan informasi pihak BNN bahwa pengguna narkoba di kalangan remaja tahun ini meningkat yang semula 20 persen, kini ada di angka 24-28 persen. Mengerikan bukan?

Penyebab dari terjerumusnya para pemuda kepada dunia narkotika dan obat-obatan terlarang di antaranya adalah dipengaruhi oleh kesalahan dalam memilih pergaulan. Lingkungan yang berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari memiliki pengaruh yang sangat besar bahkan mengalahkan pengaruh didikan dalam keluarga. Walaupun pendidikan yang diberikan dari orang tua dalam keluarga sudah maksimal, pendidikan agama, keteladanan orang tua, itu masih kalah pengaruhnya oleh pengaruh lingkungan di mana seseorang berada.

Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Sebuah ungkapan mengatakan, bahwa teman nongkrong kamu hari ini adalah yang menentukan akan menjadi apa dirimu pada beberapa tahun kemudian. Hal ini benar adanya, dengan siapa kita bergaul sekarang, maka merekalah yang akan membentuk kepribadian dan menentukan masa depan kita di kemudian hari.

Oleh karena itu, cobalah mulai memilah dan memilih pertemanan. Terutama kepada para remaja dan pemuda, isilah hari-harimu dengan kegiatan yang positif. Agar hidupmu lenih terarah, sehingga masa depanmu jauh lebih cerah.

Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Banyak kegiatan positif yang bisa mengalihkan fokusmu dan menjauhkanmu dari hal-hal negatif. Salah satunya adalah kegiatan pramuka. Pramuka pangkalan UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah membuktikannya. Bahwa bergabung dengan pramuka, kehidupan mahasiswa yang menjadi anggotanya jauh lebih memiliki keunggulan daripada yang lainnya. 

Dibandingkan dengan bergaul bersama orang-orang negatif, maka inilah khasiat yang akan kamu rasakan dari pergaulanmu jika dibingkai dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan. Tentunya hal ini akan jauh lebih baik daripada sampai terjerumus kepada lingkar mematikannya narkoba.

Manfaat gerakan pramuka bagi pemuda.

  • Melatih kedisiplinan. Dengan berlatih kedisiplinan, kamu akan dengansangat mudah untuk membuat managemen waktu. Hidupmu lebih terprogram, lebih terarah, lebih bermanfaat tentunya. Dengan keterampilanmu menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, menjadikan waktumu tidak ada yang terbuang sia-sia. Tugas-tugas kuliah selesai, waktu untuk berorganisasi, dan waktu untuk aktivitas pribadimu terorganisir. Hidup kamu lebih sehat dan enjoy pastinya.
  • Menjadi Pribadi yang Lebih Mandiri. Dalam pramuka dilatih untuk lebih mandiri. Bagaimanan tidak, dalam pramuka digunakan sistem satuan terpisah. Ini akan sangat membantu kamu, terutama kaum perempuan untuk terus berlatih kemandirian, menghilangkan kebiasaan tergantung kepada  orang lain. Terbiasa menyelesaikan urusan-urusan sendiri dengan kemampuan sendiri.Begitu pula dengan kaum laki-laki. Mereka akan lebih terlatih menjadi lelaki yang tangguh dan struggle dalam menjalani hidup. Betanggungjawab dan siap dalam menerima dan menghadapi risiko.
  • Gotong Royong dan Kebersamaan. Sebagai mahlik sosial yang tidak bisa hidup sendiri, selalu membutuhkan orang lain, pramuka harus mampu bekerja sama dengan siapapun. Menghilangkan keangkuhan diri dan ego, membiasakan saling menghargai dan bekerja sama dalam sebuah tim. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kamu di dunia kerja nanti. Orang yang sudah terbiasa bekerja sama dan saling membantu satu sama lain, akan sangat berbeda dengan mereka yang terbiasa bersikap individualis. Saat melamar kerja, dijamin deh, anak pramuka lebih duluan dilirik sama calon bosnya.
  • Meningkatkan Kepedulian. Soal kepedulian dalam pramuka jangan pernah diragukan lagi. Pramuka tidak hanya peduli pada lingkungan dan alam sekitar. Pramuka juga dibiasakan untuk peduli kepada sesama manusia. Membasakan diri berempati, bersimpati, dan mengapresiasi apapun ada di lingkungan sekitar.
  • Belajar Organisasi. Lulus kuliah nanti, para pemuda akan terjun ke masyarakat sungguhan. Berada dalam lingkungan yang beragam harus selalu mampu menempatkan diri dan mawas diri. Terkadang, kita pun dituntut untuk mampu mengurusi sesuatu yang bersifat birokratif. Semua itu didapatkan dalam Pramuka. Kemampuanmu mengelola ego, mengelola kelompok, menyelesaikan konflik, dan lain-lain, didapatkan dari pengalamanmu berorganisasi.
  • Melatih Kepemimpinan dan Kreativitas. Manfaat yang terakhir ini boleh dibilang paling penting. Zaman bergerak sangat cepat disertai dengan perkembangan isu yang jauh lebih dahsyat, menuntut kita untuk pandai-pandai menentukan sikap. Sikap kepemimpinan sanagt diperlukan untuk bisa bersikap tegas melawan isu negative, berdiri tegak dalam kebenaran. Smenetara kreativitas sangan diperlukan untuk mengimbangi pergerakan zaman itu sendiri. Tidak kreatif dan tidak mampu memimpin, terutama memimpin diri sendiri, akan mengakibatkan diri kita kalah dan hanyut terombang-ambing dikendalikan zaman. Berdirilah tegak dan kuasai berbagai keterampilan hidup untuk bisa bertahan dalam zaman sekarang. 

Jika penyebaran dan pengaruh nerkoba sudah sangat cepat, maka perkuat mental dan kepribadian dengan bergabung di gerakan pramuka di manapun kamu berada.

Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN