Mohon tunggu...
Diantika IE
Diantika IE Mohon Tunggu... Freelancer

Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Bergabung dengan Pramuka UIN Bandung

3 November 2019   20:49 Diperbarui: 4 November 2019   05:56 664 3 1 Mohon Tunggu...
Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Bergabung dengan Pramuka UIN Bandung
pengurus putri pramuka UIN Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung, adalah universitas Islam negeri yang ada di provinsi Jawa Barat. Memiliki banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa yang siap memberikan pengalaman dan membekali mahasiswa untuk hidup di dunia yang sesungguhnya setelah selesai mengenyam pendidikan di kampus. Tidak terkecuali dengan Pramuka. Lho, ada gerakan Pramuka di universitas? Jelas ada. 

Pramuka, siapa yang tidak kenal dengan kata tersebut. Sejak duduk di bangku sekolah dasar,  jutaan orang Indonesia pasti mengalami fasenya. Mengikuti kegiatan Pramuka, sudah bukan hal yang asing lagi. Dari tingkatan siaga, penggalang, hingga penegak bantara, setidaknya fase itulah yang bisa dikenang dalam memori kebanyakan orang.

Jika kita bertanya kepada beberapa orang yang awam tentang gerakan Pramuka, kenangan apa yang paling berkesan saat mengikuti kagiatan pramuka? Mereka pasti membahas seputar kemping, bermalam di tenda, makan mie instant, naik gunung, tali-temali, baris-berbaris,  dan pakaian cokelat lengkap dengan dasi merah putih, tambang dan belati

serah terima jabatan 
serah terima jabatan 

Namun, ketika kita ajukan pertanyaan serupa kepada para anggota maupun kepada alumni Gerakan Pramuka Pangkalan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dengan mantap mereka pasti memiliki jawaban terbaik yang sangat beragam. Jawaban yang tidak lagi membahas alasan klasik, seputar patok tenda dan kisah pendakian gunung serta baris-berbaris di bawah terik matahari. Yang mereka ceritakan adalah sebuah perasaan syukur dan beruntung telah mengenal dan bergabung dengan Gerakan Pramuka UIN Bandung. Bahkan sebagian besar dari mereka nyaris enggan lepas dari Gerakan Pramuka UIN ini.

Para alumni masih mengikat komunikasi, memberikan arahan, dan bimbingan demi kemajuan Gugus Depan. Tidak jarang, yang menjadikan gerakan pramuka ini sebagai rumah kedua dari rumahnya, tempat kedua dari pekerjaannya, tempat melepas rindu dan mengobati penatnya. Bertemu sesama kawan pramuka lebih bahagia dan merasa akan dapat hidup lebih lama. 

Sementara anggota yang masih tercatat aktif di sana, semakin kompak menyatukan derap langkah untuk membangun Gugus Depan yang lebih berjaya. Bukan hanya itu, keseriusan anggota Gerakan Pramuka UIN Bandung telah mampu mengangkat nama baik universitas islam negeri yang beralamat di Jalan AH. Nasution No. 105 Bandung ini. Mengapa demikian?

pembacaan sumpah jabatan
pembacaan sumpah jabatan

Selain karena Pramuka UIN Bandung memiliki segudang prestasi dan dijadikan percontohan pengelolaan gugus depan oleh sejumlah perguruan tinggi yang lain, inilah alasan mengapa harus lebih mengenal dan ikut bergabung di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

Alasan pertama karena Pramuka UIN Bandung Memiliki acara-acara dan kegiatan rutin mulai dari yang bersifat interen dan yang berskala besar. Tentunya ini bisa mengasah mental kamu, kemandirian, dan kemahiran dalam mengelola sebuah kegiatan. Yang pasti bermanfaat sekali dong, untuk bekal nanti ketika kita hidup di masyarakat. Anak Pramuka tidak akan susah mencari pekerjaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN