Mohon tunggu...
Dianna FitriaNovita
Dianna FitriaNovita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

Mendengarkan musik, menonton film, menulis, bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Training of Trainer (TOT) Soby 2024

8 Mei 2024   06:00 Diperbarui: 8 Mei 2024   07:09 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada tanggal 29-30 April 2024 lalu, Airlangga Health Promotion Center (AHPC) Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) Soby secara luring di Gedung Kuliah Bersama Kampus C ruang kelas 5.05. Secara sengaja, aku turut mengikuti rangkaian acara dalam 2 hari tersebut. Topik yang diangkat untuk dibahas dalam sesi materi sangat menarik bagiku. Mengusung tema manajemen diri pada mahasiswa, ada 5 bahasan utama dalam acara tersebut antara lain Manajemen Waktu, Manajemen Uang, Manajemen Emosi, Manajemen Cinta, dan Manajemen FOMO (Fear of Missing Out).

Pada kesempatan itu, aku dipertemukan dengan orang-orang baik dan luar biasa. Ada dosen dari berbagai fakultas yang menjadi pemateri maupun pembimbing komunitas Soby. Tidak lupa, aku bertemu banyak teman dan kakak tingkat dari berbagai fakultas serta prodi. Aku yang dalam 2 hari berturut-turut datang sebagai peserta sangat awal membuat panitia hafal denganku. Aku memutuskan duduk di kursi paling depan. Keputusanku tersebut yang mengantarkanku mengenal tentang soby lebih dalam melalui 2 MC acara tersebut.

Di awal dan akhir acara selama 2 hari berturut-turut kami mengerjakan pre test sebelum sesi materi dimulai. Kemudian di sesi akhir materi mengerjakan post test. Acara yang menarik dan sangat bermanfaat bagiku. Ada sesi permainan berkelompok menjelang acara berakhir. Aku sangat senang bisa mengikuti acara tersebut.

Aku belajar tentang Manajemen Waktu, Uang, Emosi, Cinta, dan FOMO. Sesi materi yang membuatku lupa apa itu stress dan depresi. Diselimuti rasa gembira dan penuh syukur selama mengikuti rangkaian acaranya. Hingga aku tak pernah menduga memutuskan bergabung dalam Soby Friendship.

Di hari terakhir TOT Soby tersebut tidak hanya membuatku langsung daftar menjadi Soby Friendship. Rupanya, kami dilantik menjadi pengurus Soby yang baru. Ini adalah hal yang tak terduga. Dimana aku yang awalnya berencana semester ini masih ingin menjadi mahasiswa tanpa kegiatan organisasi atau kepanitiaan berubah mendadak.

Mungkin itu karena aku merasa bisa mendapatkan banyak hal positif yang membantu perkembangan diriku meningkat saat memutuskan hendak bergabung dalam Soby Friendship. Aku berharap semoga saja bisa terjadi demikian.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun