Mohon tunggu...
Dian LestariGunawan
Dian LestariGunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Tips Pengemasan Berita Kontroversial dalam Media Berita Online

25 Oktober 2020   17:44 Diperbarui: 25 Oktober 2020   21:30 219 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Pengemasan Berita Kontroversial dalam Media Berita Online
sumber: blog.bookbaby.com

Setelah datangnya teknologi internet, terdapat sebuah perubahan besar dalam dunia media massa. Berita yang biasanya diakses hanya melalui media konvensional sudah dapat diakses secara online. Perubahan tersebut tentunya membawa suatu kemudahan dalam aspek komunikasi manusia dengan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan dan berbagi informasi.

Beberapa keuntungan yang didapatkan dengan hadirnya berita online adalah kecepatan informasi yang disampaikan dan bersifat real time, serta biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan berita konvensional.

Hal yang berbeda yang lainnya dari media online dibandingkan dengan media konvensional adalah media online menyediakan ruang publik bagi masyarakat untuk menuangkan opini mereka terhadap informasi yang diberitakan, yaitu pada kolom komentar yang disediakan. Sehingga kesempatan bagi para audiens untuk berdebat juga akan semakin tinggi.

 Maka dari itu, media harus semakin berhati-hati dalam mengkonstruksi berita agar tidak mencemari nama baik media maupun memberikan resiko terhadap terjadinya diskriminasi pada pihak tertentu.

Masyarakat memiliki hak untuk mengetahui fenomena-fenomena yang sedang terjadi. Maka dari itu, tugas media adalah menginformasikan informasi-informasi yang layak untuk diketahui oleh masyarakat.

Sebagai wartawan yang baik, kita harus mengedukasi diri dan mematuhi kode etik jurnalisme yang ada. Di dalam pasal 3 Kode Etik Jurnalistik dituliskan bahwa wartawan harus selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, dan tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi pihak mana pun.

Dalam menulis berita, tentu saja terdapat beberapa aturan yang digunakan oleh para jurnalis agar apa yang tertulis tidak menyinggung pihak tertentu, terutama jika berita tersebut bersifat kontroversial. Biasanya berita kontroversial akan diinformasikan ketika terdapat fenomena yang berkontradiksi dengan norma yang ada di masyarakat. Beberapa contoh berita kontroversial adalah politik, sara, gender dan seksualitas, dan topik sensitif lainnya.

Gambar menunjukkan seorang politisi sedang berpidato terhadap sekumpulan audiens. Sumber: educationist.com
Gambar menunjukkan seorang politisi sedang berpidato terhadap sekumpulan audiens. Sumber: educationist.com
Dalam menuliskan berita politik, hindari adanya bias media. Bersikap adil dan berikan informasi yang akurat terhadap semua pihak. Hal terpenting dalam menulis berita politik yang kontroversial adalah pengetahuan yang cukup tentang bagaimana cara kerja yang ada di dalam dunia politik. Setidaknya seorang wartawan harus mengetahui dasar-dasar tentang ilmu politik sebelum meliput berita mengenai fenomena politik.

Sekelompok demonstran yang berdemonstrasi untuk kesetaraan. Sumber: politicaldig.com
Sekelompok demonstran yang berdemonstrasi untuk kesetaraan. Sumber: politicaldig.com

Media biasanya menghindari aspek yang dapat menyebabkan diskriminasi, merendahkan martabat, dan prasangka terhadap suku, ras, agama, jenis kelamin, dan warna kulit. Jika Anda mengangkat kasus berita yang berhubungan dengan kaum minoritas, pastikan berita tersebut tidak memberikan dampak negatif dan membuat kaum minoritas semakin terdiskriminasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x