Mohon tunggu...
Dian Erawati
Dian Erawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Saya suka membaca komik, dan badminton

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran "Kedai Retro" Sebagai UMKM di Era Saat Ini

15 April 2023   07:15 Diperbarui: 15 April 2023   07:22 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Kedai Retro/Dokpri

Pesatnya perkembangan teknologi di era digital membuat segala aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat dilakukan secara online dan tersedia secara instan. Akibatnya, berbagai jenis usaha harus bersaing untuk dilirik oleh calon konsumen, terutama usaha kecil dan menengah. Usaha kecil atau rumahan yang tergolong UMKM harus merencanakan strategi UMKM dengan matang untuk memajukan usahanya. Ingatlah bahwa persaingan bisnis saat ini semakin ketat, sehingga harus lebih cermat dalam mengelola dan memasarkan bisnis. 

Era digital merupakan salah satu perubahan dalam cara berkomunikasi dan cara berbisnis. Kehadiran internet telah mendorong masyarakat untuk memilih cara yang cepat, efisien dan mudah. Ini harus dipertimbangkan dalam strategi UMKM. Di dunia yang serba cepat ini, pengusaha UMKM juga harus bertindak cepat untuk tetap berada di depan para pesaingnya, baik  dengan sesama UMKM maupun perusahaan lain. Tentunya dalam membuat strategi UMKM selalu mengikuti trend dan perkembangan yang ada, sehingga dunia usaha harus selalu tanggap terhadap perubahan.

Di Kabupaten Wonogiri tepatnya di Kecamatan Manyaran ada UMKM yang sudah mendigitalisasi usahanya. UMKM tersebut bermana Kedai Retro. UMKM ini berdiri sejak tahun 2020, awalnya Kedai Retro hanya menjual menu minuman seperti boba, minuman yang sedang trand pada masanya. Namun seiring berjalannya waktu banyak pelaku usaha lain yang menjual produk yang sama. Akhirnya Kedai Retro memutar otak untuk mengembangkan usahanya agar tidak stagnan disitu saja. Kedai Retro mulai berinovasi tidak hanya menjual minuman, namun menambah menu dengan menjual berbagai makanan. Awalnya Kedai Retro melakukan riset pasar untuk mengetahui selera pasar di Kecamatan Manyaran, hingga akhirnya Kedai Retro menemukan bahwa selera pasar nya adalah berbagai makanan pedas. 

Kedai Retro akhirnya menjual berbagai menu olahan yang identik dengan rasa pedas sampai sekarang. Olahan tersebut seperti seblak, bakso aci, cuangki jeletot, ceker mercon, bakso mercon, cireng gebyur, dan masih banyak lagi. Malah untuk masa sekarang ini di Kedai Retro untuk menu andalan dan yang paling best saller adalah seblak dan bakso aci. Untuk meningkatkan omset penjualan Kedai Retro juga melakukan berbagai strategi untuk menarik para pelanggan di antaranya, Kedai Retro melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Tiktok. Promosi yang dilakukan di Kedai Retro sangat efektif, seperti di media sosial Instagram dibuktikan dengan orderan setiap hari yang masuk kebanyakan secara online, biasanya kedai retro melakukan promosi melalui story, feed, maupun reels video . 

Melalui Instagram @retro_chocoandsquash dengan pengikut lebih dari seribu , Kedai Retro juga sering mengadakan give away dan jum’at berkah. Untuk give away nya biasanya akan di undi kemudian akan mendapatkan hadiah ovo sebesar 50 ribu, dan untuk jum’at berkah mendapatkan free es teh untuk makan di tempat, hal ini dilakukan Kedai Retro untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. 

Kedai Retro juga memberikan kemudahan kepada pelanggan, jika sedang sibuk atau malas keluar rumah bisa melakukan delevery order. Selain itu, Kedai Retro memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran, dalam pembayaran pesananya selain menggunakan cash juga bisa menggunakan dompet digital seperti dana, shoopepay, ovo, Qris, maupun transfer bank.

Di masa yang serba digital ini, promosi menjadi faktor kunci dalam meningkatkan pendapatan di semua jenis bisnis, dari kecil hingga besar. Cara yang efektif untuk menarik perhatian konsumen di era digital adalah melalui penggunaan pemasaran online atau digital marketing. Cara ini dinilai paling efektif karena merupakan cara pemasaran yang dapat diterapkan oleh semua jenis usaha, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Usaha kecil tetap perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya tetap berkembang. 

Selain strategi yang sudah dilakukan di Kedai Retro, Usaha kecil tetap perlu menggunakan strategi pemasaran lain yang tentunya harus tepat agar usahanya tetap berkembang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan digital marketing agar bisa terus berkembang :

  • Membangun hubungan yang kuat dengan UKM lainnya, bisa melakukan kolaborasi agar menambah minat beli pelanggan
  • Buat konten pemasaran dan promosi yang sedang trend, selalu mengikuti perkembangan/selalu update yang selalu viral
  • Pengembangan kerjasama dengan konsumen dalam bentuk penawaran sponsor atau sebagai contact person dalam seminar
  • Melakukan pengiklanan dengan menggunakan influencer agar bisa meningkatkan penjualan
  • Melakukan ads berbayar, strategi marketing ini sangat penting untuk menunjuukan eksistensi bisnis. Ads berbayar dapat dikatakan sebagai layanan iklan komersil. Penayangannya melalui platform online yang sering di akses saat ini. Misalnya bergabung dengan ads Youtube, spotify,facebook,Instagram,twitter.

Jadi di era digital saat ini pelaku usaha harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan mampu menguasainya. Terlebih lagi teknologi digital akan terus berkembang sehingga membutuhkan inovasi marketing yang handal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun