Mohon tunggu...
Ilmu Sosbud & Agama

Resensi Buku "Annie" Karya Thomas Meehan

8 Maret 2021   13:51 Diperbarui: 8 Maret 2021   14:27 71 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku "Annie" Karya Thomas Meehan
Dok Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Judul : Annie

Penulis : Thomas Meehan

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 232 halaman

Tahun Terbit : 2016

Buku yang berjudul "Annie" ini merupakan sebuah novel karangan Thomas Mehaan. Pada awalnya, Annie merupakan seorang tokoh dalam sebuah comic strip yang berada pada koran di Amerika Serikat pada tahun 1924. Comic strip tersebut berjudul Little Orphan Annie. Kemudian, seorang sutradara bernama Martin Charnin mengadaptasi cerita Little Orphan Annie menjadi sebuah drama musikal bersama dengan penulis naskahnya yaitu Thomas Meehan. Berkat itu, Thomas Meehan mendapatkan penghargaan dengan kategori Buku Drama Musikal Terbaik. Cerita Annie juga pernah beberapa kali difilmkan. Dan akhirnya Thomas Meehan menulis sebuah novel berjudul Annie yang berisikan tentang kejadian-kejadian mendetail yang tidak terdapat di drama musikalnya.

Novel Annie menceritakan tentang seorang anak bernama Annie yang tinggal di sebuah panti asuhan yang dimiliki oleh Miss Hannigan. Annie tinggal bersama tujuh belas gadis lainnya di sana dan harus bertahan atas kekejaman Miss Hannigan. Annie yang pada saat itu masih kecil percaya bahwa suatu saat nanti kedua orang tuanya akan menjemputnya pada saat malam tahun baru. Namun setelah bertahun-tahun menunggu, kedua orang tuanya tak kunjung datang. Ia pun memutuskan untuk kabur dari panti dan mencari orang tuanya dengan modal sepucuk surat yang ditinggalkan oleh orang tuanya sewaktu ia dititipkan di panti asuhan.

Dengan bantuan dari teman-temannya, Annie pun berhasil kabur dari panti asuhan. Di perjalanan mencari orang tuanya, Annie ditemukan dengan berbagai macam situasi. Seperti tidur di tempat kumuh, bertemu dengan sepasang suami istri pemilik toko kue yang mengambil keuntungan darinya, bertemu dengan anjing bernama Sandy, sampai ia tertangkap dan dikembalikan ke panti asuhan Miss Hannigan.

Tidak lama setelah itu, datanglah Miss Farrell ke panti asuhan untuk memilih salah satu anak panti untuk tinggal bersama Mr. Warbucks. Mr. Warbucks merupakan seorang miliuner di Amerika pada saat itu. Namun, ia kesepian dan membutuhkan seseorang. Annie pun terpilih dan dibawa menuju kediaman Mr. Warbucks. Annie menjalankan kehidupan baru bersama Mr. Warbucks dan Miss Farrell. Mereka memperlakukannya dengan sangat baik. Mr. Warbucks pun berjanji untuk membantu Annie mencari kedua orang tua kandungnya.

Kelebihan

Buku ini menceritakan sebuah kisah yang sangat menyentuh, tentang seorang anak yang mencari keberadaan orang tuanya. Alur ceritanya pun mudah dipahami. Dalam ceritanya banyak mengandung hal-hal baru sehingga dapat menambah wawasan. Ceritanya juga mengandung nilai-nilai kehidupan yang dapat diteladani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN