Mohon tunggu...
Diana Wahyuning Fitawati
Diana Wahyuning Fitawati Mohon Tunggu... Guru - Guru

keep fighting and never give up

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem based Learning

7 Desember 2022   19:06 Diperbarui: 7 Desember 2022   19:15 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pemanfaatan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran membuat siswa lebih bersemangat, dan termotivasi selama proses pembelajaran. Dalam kelompok, siswa terlihat aktif berdiskusi memecahkan permasalahan, dan lebih berani serta percaya diri saat memaparkan hasil diskusi kelompoknya.

Salah satu alternative yang dapat menjadi pilihan penulis dalam proses pembelajaran adalah memanfaatkan model pembelajaran inovatif. Dalam pembelajaran matematika penulis memanfaatkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. 

Dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) didasarkan pada prinsip bahwa masalah dapat digunakan sebagai titik awal untuk mendapatkan ilmu baru

Tujuan yang ingin dicapai

  • Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi pokok Barisan dan Deret
  • Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning pada materi pokok Barisan dan Deret

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah :

  • Rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam memecahkan soal-soal berbasis kontekstual
  • Penerapan model pembelajaran yang inovatif oleh guru berdasarkan karakteristik materi dan peserta didik belum maksimal
  • Pemahaman peserta didik terhadap soal HOTS masih rendah
  • Guru belum mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran

Praktik ini penting untuk dibagikan karena beberapa rekan guru mengalami permasalahan yang hampir sama dengan yang saya alami, sehingga praktik baik ini diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri dan menjadi referensi maupun inspirasi bagi rekan guru lain untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah menyusun rencana aksi (rancangan pembelajaran) berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen penilaian, dan melaksanakan rencana aksi tersebut dengan baik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun