Bicara adalah senjata paling ampuh dalam berorganisasi atau mengembangkan sistem perusahaan. Di dalam perusahaan, interaksi antar karyawan dalam level apapun dipengaruhi oleh faktor komunikasi. Dapat dikatakan bahwa tidak mungkin suatu pekerjaaan di perusahaan dapat dilaksanakan tanpa adanya komunikasi, temasuk skill bicara. Bahkan, proses, hasil, dan kualitas pekerjaaan sedikit banyak ditentukan oleh bagaimana menyampaikannya.
Komunikasi pada dasarnya adalah proses menyampaikan informasi, ide, atau gagasan kepada pihak lain. Sebagai sarana menyampaikan ide, komunikasi yang efektif tentu sangat dibutuhkan.
Hal itu untuk menjaga agar ide, pendapat, atau informasi yang disampaikan dapat diterima tanpa ada distorsi makna. Tentunya, jika informasi yang diterima berbeda dari yang disampaikan akan berakibat buruk bagi perusahaan.
Dampak buruk komunikasi yang tidak efektif dalam perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Tujuan perusahaan tidak tercapai
Sebagai sebuah organisasi bisnis, tujuan perusahaan tentunya untuk memaksimalkan keuntungan. Tujuan ini harus disampaikan dan dipahami oleh semua yang bekerja dalam perusahaan agar tercapai. Jika komunikasi dalam perusahaan tidak efektif, bisa jadi tujuan perusahaan tidak akan tercapai. Karena, tidak semua orang yang terlibat dalam perusahaan memahami tujuan perusahaan.
2. Produktifitas turun
Komunikasi yang tidak efektif dalam mengakibatkan ketidakjelasan dalam tugas dan tanggung jawab dalam perusahaan. Kondisi ini dapat mengakibatkan demotivasi bagi karyawan. Karyawan menjadi kurang semangat dalam bekerja dan meraih tujuan perusahaan. Akibatnya, produktifitas perusahaan bisa turun.
3. Suasana kerja tidak nyaman
Komunikasi yang tidak efektif dapat menimbulkan suasana kerja menjadi tidak nyaman. Komunikasi yang tidak efektif memungkinkan timbulnya banyak kesalahpahaman yang memicu konflik. Konflik di dalam perusahaan akan menimbulkan suasana kerja tidak kondusif bagi produktofotas kerja.
4. Kepercayaan hilang
Komunikasi yang tidak efektif dapat menimbulkan kesalahpahaman yang mengakibatkan hilangnya kepercayaaan. Ketidakpercayaan ini tidak saja terjadi di dalam perusahaan, namun bisa jadi terjadi dengan pihak ekstern perusahaan. Tentu saja akan berakibat fatal bagi perusahaan jika ketidakpercayaan terhadap perusahaan timbul dari pihak luar (konsumen). Karena, hal ini dapat menurunkan omset perusahaan.
5. Perusahaan Merugi
Dampak paling parah dari komunikasi yang tidak efektif dalam perusahaan adalah kerugian perusahaan. Kerugian ini terjadi karena ketika pola komunikasi yang tidak efektif ini tidak segera diperbaiki. Semangat kerja karyawan turun, hilangnya rasa kepercayaan, ketidaknyamanan suasana kerja, dan dampak lain komunikasi tidak efektif, dalam jangka panjang akan membuat perusahaan merugi.
Oleh karena itu, sudah selayaknya suatu perusahaan memperbaiki pola komunikasinya agar efektif.