Mohon tunggu...
Diah Kusumastuti
Diah Kusumastuti Mohon Tunggu... Administrasi - Mom blogger

Mom blogger with 5 kids. Aktif menulis di www.dekamuslim.com.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Ramadan Lebih Produktif dengan Upgrade Skill

3 April 2023   20:46 Diperbarui: 3 April 2023   20:55 743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap jelang Ramadan, saya sudah punya niat untuk mengisi bulan istimewa itu dengan aktivitas-aktivitas ibadah yang maksimal. Tapi, apakah niat dan rencana-rencana itu bisa terwujud semua? Sayangnya, tidak semua.

Apa penyebab kegagalan-kegagalan itu? Antara lain karena malas, bosan, atau kebanyakan ngantuk! Hihi. Yap, seringkali ingin banyak tadarus Al-Qur'an setelah salat Isya' dan tarawih, tetapi nyatanya malah tidur saking sudah ngantuk.

Tak jauh beda di siang hari. Rencana ingin banyak tadarus, baca buku, atau menyimak kajian Islam di YouTube, eh, lagi-lagi ngantuk menyerang dan rencana jadi berantakan!

Kalau sudah begini, ekspektasi sebelum Ramadan menjadi kabur. Lalu memaklumi diri sendiri hingga akhir Ramadan yang ada tinggal penyesalan.

Upgrade Skill Agar Lebih Produktif 

Untuk mengatasi kegagalan-kegagalan seperti itu, saya pikir mengikuti beberapa challenge atau upgrade skill bisa dicoba. Selain skill atau keterampilan bertambah, kita juga bisa lebih produktif di bulan suci ini.


Misalnya pada Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai narablog saya mengikuti kelas-kelas kepenulisan atau yang berhubungan dengan dunia blogging seperti kelas SEO (Search Engine Optimization), kelas desain dengan Canva, dan lain-lain.

Lalu pada Ramadan tahun ini, saya upgrade skill di bidang memasak. Yap, sebagai ibu rumah tangga, keterampilan memasak saya memang masih sangat rendah.

Saya ingin meningkatkan keterampilan saya di bidang memasak ini karena, ya, anak-anak saya seperti anak-anak pada umumnya juga, yang suka makan atau ngemil. Hehe.

Apalagi kalau sedang puasa Ramadan seperti sekarang, mereka kerap bertanya hari ini masak apa saja untuk berbuka? Nanti sahur menunya apa? Dan seterusnya.

Nugget ayam (source: pexels.com).
Nugget ayam (source: pexels.com).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun