Mohon tunggu...
Diah Asih Sukesi
Diah Asih Sukesi Mohon Tunggu... Lainnya - Hobby Menulis, Travelling, Masak jika mau

Pegawai Menikah dan memiliki 3 orang anak

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Fenomena Bahasa Gaul Anak Wilayah Jakarta Selatan Perlu Diwadahi

18 Januari 2022   10:55 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:12 247 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

FENOMENA BAHASA GAUL  ANAK WILAYAH JAKSEL PERLU DIWADAHI

Ketika aku belajar bahasa inggris, sang guru memberikan kita kebebasan untuk mengungkapkan percakapan dengan menggunakan bahasa inggris dan bahasa indonesia agar kita bisa berani dalam menghafal dan mengucapkan bahasa inggris dengan benar, dan ternyata fenomena ketika saya baru belajar bahasa inggris ternyata dijadikan bahasa sehari-hari bahkan menjadi nominasi dan dijuluki bahasa gaul wilayah jaksel, luar biasa.

Karena banyak kata-kata yang tercampur antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kesannya mereka ingin lebih dianggap wah ternyata kamu tahu bahasa Inggrisnya lho tetapi fenomenanya ini seharusnya jangan hanya jadi perdebatan tetapi perlu ada komunitas yang mewadahi agar anak muda tersebut diarahkan untuk menggunakan kaidah bahasa gaul yang baik dan benar bisa menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.

Ada baiknya anak muda tersebut diwadahi dalam satu komunitas seperti di Wilayah Lombok Timur mereka membentuk kampung Inggris di wilayah Tete Batu dengan memanfaatkan Kota wisata tersebut dan sering kedatangan bule2, tetapi karena pandemic, dan NTB dijadikan Kota yang akan melaksanakan event2 Internasional di ajang Motor Bike dan pendirian sirkuit internasional di Mandalika maka Dinas Pendidikan wilayah Lombok Timur mendirikan Kampung Inggris dan uji cobanya adalah anak-anak jenjang Sekolah Menengah Pertama, hasil ujicoba tersebut ternyata luar biasa anak-anak yang dilatih selama 3 bulan keluar dari perkampungan Inggris tersebut bisa bicara Bahasa Inggris secara lancer dan akhirnya kegiatan inipun akan dilanjutkan di jenjang Dasar yaitu Sekolah Dasar dan Menengah. Tak sia-sia Dinas Pendidikan menggelontorkan dana 1 Milyar rupiah untuk pengembangan wilayah tersebut.

Ketika melihat fenomena percakapan gaul anak Jakarta Selatan dimana ketika memulai percakapan menggunakan dua bahasa sekaligus dalam pernyataannya dan ini perlu diwadahi salah satunya untuk bisa menyampaikan pernyataan sesuai dengan kosakata yang tepat.

Karena keuntungan belajar bahasa asing banyak manfaatnya menurut universeofmemory.com, para ahli telah menemukan manfaat hebat dalam mempelajari suatu bahasa antara lain :

1.    Pertumbuhan Otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johan Martensson  bahwa otak mengalami pertumbuhan di empat tempat setelah mempelajari bahasa asing selama tiga bulan. 

Ada empat tempat dalam otak itu meliputi di hippocampus, girus frontal tengah, girus frontal inferior, dan girus temporal superior. 

Ketika kita mempelajari bahasa asing maka otak akan mengalami pertumbuhan dan ini akan focus dan maksimal jika anak-anak gaul Jaksel ini diwadahi untuk bisa berinteraksi mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan baik dan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan