Mohon tunggu...
Diah AyuSulistiowati
Diah AyuSulistiowati Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas'Aisyiyah Yogyakarta

Mahasiswi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Deteksi Boraks pada Makanan Bisa Menggunakan Ekstrak Kunyit Loh! Cari Tahu Yuk

19 Juni 2021   07:38 Diperbarui: 19 Juni 2021   07:41 36 1 0 Mohon Tunggu...

Boraks berasal dari bahasa arab yaitu bouraq, merupakan bahan antiseptik yang digunakan sebagai bahan pembersih, pengawet kayu dan herbisida. Pada dasarnya fungsi boraks digunakan sebagai bahan industri non pangan seperti pembersih, pengawet kayu, bahan solder, dan antisetik. Namun sampai saat ini penggunaan boraks masih banyak disalahgunakan sebagai Bahan Tambahan Pangan (BTP). Akibatnya banyak orang mengalami keracunan makanan disebabkan oleh pengunaan boraks

Bagaimana cara mengetahui boraks pada makanan?

Untuk mengidentifikasi boraks pada makanan

Boraks merupakan campuran natrium tetraborat dan asam borat. Penggunaan boraks pada makanan produk olahan makanan, membuat makanan dapat lebih menarik dan tahan lama sehingga tidak cepat basi atau berjamur. Meskipun jumlah tambahan tidak terlalu banyak, namun boraks mempunyai efek akumulasi yang berbahaya. Gejala keracunan boraks akut meliputi mual, muntah-muntah, diare, kejang perut, bercak pada kulit, suhu tubuh menurun dan lemah, juga dapat terjadi kematian akibat kolaps pernapasan. Pada keracunan kronik dapat menyebabkan demam, anoreksia, kerusakan ginjal, depresi dan bingung.

Sampel yang digunakan pada pengujian ini merupakan sampel makanan. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dibeberapa warung penjualan makanan. Kategori penjual makanan dikelompokkan ke dalam kategori makanan gerobak pinggir jalan dan makanan rumah makan. Variabel yang diamati yaitu ada atau tidaknya kandungan Boraks dalam makanan. Pengujian boraks menggunakan bahan ekstrak kunyit. 

Uji boraks :

1. Sediakan sampel yang akan diuji yaitu makanan gerobak pinggir jalan dan makanan rumah makan.

2. Sediakan ekstrak kunyit dengan konsentrasi 100% dengan cara menimbang kunyit sebanyak 50 gr dan dilarutkan kedalam aquades 50 ml kemudian disaring (kunyit dihaluskan dan diambil ekstraknya).

3. makanan dihaluskan dengan menggunakan mortar kemudian simpan dicawan petri yang berbeda. 

4. Masukkan sebanyak 1 gr sampel yang telah dihaluskan kedalam plat tetes yang telah diberi label 

5. Teteskan masing-masing sampel dengan ekstrak kunyit dan amati perubahan warna yang terjadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x