Teori perkembangan kognitif
Teori perkembangan kognitif adalah berbagai macam perubahan yang terjadi pada kemampuan berpikir manusia dan bagaimana cara mendapatkan pengetahuannya dari lingkungan.Â
Menurut Jean Piaget perkembangan kognitif adalah bagaimana cara anak berinteraksi dengan lingkungannya, jadi kemampuan anak itu tidak ada keterkaitannya dengan kemampuan bawaan anak sejak lahir namun perkembangan ini muncul dengan bertahap dimana anak berinteraksi dengan lingkungannya.
Piaget mengidentifikasi 4 tahap utama dalam memeriksa tahap perkembangan kognitif pada anak-anak dan remaja, yaitu:
1. Tahap Sensorimotor (0-2 tahun)Â
Pada tahap ini perkembangan otak mencapai 80%, pemahaman bahwa terdapat objek dan peristiwa yang terjadi secara alami di dunia melalui tindakan seseorang. Dimasa ini dapat disebut dengan masa " GOLDEN AGE" dimana umur 0-2 adalah masa golden age yang sebenarnya. Masa ini sangat dibutuhkan nutrisi yang terpenuhi dan bagus karena pada masa ini pertumbuhan otak sangat pesat. Makanan yang dimakan dapat mempengaruhi perkembangannya, jika anak sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi (SKM, Coklat, permen) maka akan berbahaya bagi pertumbuhan difase ini dan akan berdampak tidak bagus untuk fase selanjutnya. Dalam fase ini juga bonding untuk anak dibutuhkan. Bisa mulai melakukan bonding dari menyusui bayi, interaksi yang dibangun oleh ibu kepada anaknya dalan menyusui itu dapat menghasilkan bonding dengan mengajak bicara anak, menatapnya dengan kasih sayang, menyentuhnya dan lainnya. Jika mendidik anak dengan banyak teriak maka sel otak akan mati dan akan terhambat pada fase selanjutnya.
2. Tahap Pra-Operasional (2-7 tahun)Â
Pada tahap ini anak tidak bisa menggunakan logika seperti mengubah, menggabungkan atau memisahkan ide dan pikiran. Masa tiga tahun adalah masa "AKU" atau masa egosentis dimana anak akan mengklaim barang atau apapun itu miliknya,
3. Tahap Perilaku Konkret (7-11 tahun)
Tahap ini adalah tahap awal anak berpikir logis dalam perkembangan kognitif anak. Ditandai dengan perkembangan pemikiran yang terorganisir dan rasional.