Mohon tunggu...
Dhonny Weka
Dhonny Weka Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar, mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengenal Pertanda Stres dalam Kerja dan Cara Mengatasinya

28 Oktober 2021   18:33 Diperbarui: 28 Oktober 2021   18:52 93 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Stressed | sumber ilustrasi: Unsplash

Tiap diri manusia pernah mengalami yang namanya stress baik secara sadar maupun tidak sadar. Dan pada artikel ini akan dibahas mengenai ciri-ciri saat mengalami stress dan beberapa tips menghilangkan stress itu sendiri.

Sebenarnya stress tidak selalu berdampak negatif, ada kalanya stress juga dapat membuat seseorang merasa lebih waspada dan berhati-hati dalam bertindak. Tapi dibalik itu semua stress yang berlebihan juga sangat tidak baik bahkan bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik.

Banyak hal yang dapat memciu stress, dimana stress pada tiap orang juga disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda juga. Karena pada dasarnya stress adalah salah satu bagian dari kehidupan manusia dan menjadi hal yang tidak bisa dihindari tapi hal tersebut bisa dicegah.

Manusia cenderung merasa stress ketika individu tersebut merasa kurang mampu menyesuaikan keinginan dan realita yang ada di kehidupannya. Terutama di dalam pekerjaan atau sebuah tanggung jawab yang diberi.

Stress kerja sendiri dapat diartikan sebagai respon seseorang yang terjadi ketika sebuah pekerjaan tidak sesuai dengan sumber daya yang ada, kemampuan diri, maupun tidak dapat memenuhi kebutuhan pekerja tersebut.

Menurut Robbins (2006) stress kerja pada karyawan biasanya muncul dari interaksi antara manusia dan pekerjaan serta dikarakteristikan oleh perubahan individu yang memaksa dirinya untuk menyimpang dari fungsi normal mereka.

Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang, serba serbi kegiatan masyarakat dibatasi sementara bahkan dialihkan menjadi dirumah saja. Sampai sekarang ini banyak kebijakan yang dilakukan pemerintah demi menjaga dan mengontrol pendemi Covid-19.

Kondisi pandemi Covid-19 membuat sebagian orang merasa khawatir bahkan takut yang berlebihan. Namun, adanya ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir membuat beberapa masyarakat dan pekerja tentunya mengalami stress dan kekhawatiran yang berlebih entah karena PHK atau bahkan di rumah kan karena kebijakan Work from home (WFH).

Stress yang muncul alibat pademi Covid-19 diantaranya adalah rasa ketakutan dan kesemasan, entah mengenai kesehatan masing-masing atau bahkan kesehatan keluarga yang disayangi. Rasa takut dan cemas tersebut dialami oleh banyak orang dan termasuk juga karyawan-karyawan yang bekerja jauh dari keluarga mereka. Adanya berita menambahnya kasus covid sendiri juga menjadi beban psikologis sendiri.

Tapi stress yang dialami juga bisa saja timbul dari kita sendiri yang terlalu fokus pada hal-hal yang negatif saja. Sebenarnya itu semua karena ketidaksiapan diri dalam menghadapi perubahan, oleh karena itu kita juga jangan hanya fokus terhadap hal-hal tidak menyenangkan melainkan kita juga harus mengalihkan perhatian ke hal-hal yang lebih positif namun juga memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan