Mohon tunggu...
Dhiya UlHaqqi
Dhiya UlHaqqi Mohon Tunggu... Ilmuwan - Tukang Ngobrol

Psikologi Industri Organisasi, Psikologi Sosial Budaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memediasi Citra Pemimpin Lewat Media Massa dan Agama di Jepang

23 Januari 2023   18:01 Diperbarui: 23 Januari 2023   18:14 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar oleh kohji asakawa dari pixabay

Agama Baru (shinshky) dan Media Massa di Jepang Terkususnya Kontemporer dan gerakan spiritual baru (shinreisei dan ) yang muncul pada akhir abad ke-19. kelompok atau dunia spiritual ini umumnya untuk klasifikasi yang telah diusulkan dalam
dekade terakhir ini. Dalam keilmuan adalah kelompok yang baru dibentuk dari apa yang disebut `` agama yang dilembagakan'' (kisei shuky) atau `` agama tradisional''.(dent shky).

Fluiditas dan kompleksitas dari kelompok yang berbeda, mereka menganggap bermasalah untuk di teliti secara ilmiah terhadap agama-agama baru itu sendiri. Ciri kelompok-kelompok agama "baru" lebih terletak pada hubungan antar anggota dan perubahan-perubahan di tingkat organisasi daripada inovasi-inovasi dalam praktik atau doktrin mereka. Perubahan-perubahan ini  harus ditempatkan baik dalam kaitannya dengan tradisi maupun lingkungan khusus di mana kelompok ingin menempatkan diri. Terlepas dari  perbedaan spesifik baik secara doktrin maupun organisasi, kelompok-kelompok agama ini memiliki satu faktor umum yang dapat diidentifikasi dengan jelas dalam perkembangannya: penggunaan media massa secara masif. Bahkan, tidak hanya kelompok agama baru, tetapi juga kelompok tradisional telah mengadopsi penggunaan media massa. Namun, dalam kasus agama-agama baru, perkembangannya paralel dan sangat dipengaruhi oleh perkembangan masyarakat informasi, sehingga terkadang didefinisikan sebagai "agama media massa".

Struktur organisasi agama baru biasanya mencakup tim yang  berspesialisasi dalam hubungan masyarakat atau program media. Terbukti dari banyaknya anggota memiliki penerbit sendiri, yang juga mendistribusikan teks  ke toko buku  biasa,bahkan sering mereka memiliki bagian khusus untuk  publikasi  besar.  Kehadiran agama baru ini di kembangkan di media terutama  melalui iklan
di majalah dan surat kabar atau melalui siaran di program radio dan jaringan televisi satelit. Selain itu, kehadiran media massa sangat mempengaruhi bahkan pelaksanaan dan pelaksanaan upacara dan festival keagamaan, seperti yang ditunjukkan oleh analisis Ian
Reader's (1991) tentang festival bintang ( hoshi matsuri ) kelompok Buddhis Agonshu.

Beranjak dari sanalah media  massa  memainkan  peran  penting  dalam  mendefinisikan  gerakan-gerakan baru ini karena mereka telah mengikuti perkembangan agama-agama baru sejak awal abad ke -19 . Artikel majalah pertama tentang agama baru muncul pada 5 Februari 1895 di majalah Taiy dan diberi judul Tenriky, dari nama salah satu gerakan keagamaan baru yang pertama.

Selain itu, kelompok yang muncul pada akhir 1970-an, "agama terakhir", harus dilihat dalam konteks sejarah abad ke-198, ketika para intelektual dan jurnalis khawatir tentang "kembali ke agama" (shky kaiki) atau "ledakan agama" (shky bmu). Pada tahun 1980-an, dua survei  publik tentang keyakinan agama dari orang Jepang menemukan bahwa minat terhadap "agama" cenderung meningkat dari pada tahun 1973.

Pada tahun 1973,  terjemahan  bahasa Jepang dari The Prophecy of Nostradamus diterbitkan, yang mencapai sukses besar melalui
iklan. Menurut  survei terhadap orang yang dilakukan oleh Departemen Riset Opini Publik Penyiaran NHK (1980), jumlah orang Jepang yang mengaku memiliki keyakinan pribadi meningkat. Pada tahun 1980-an, terjemahan tulisan-tulisan Amerika yang berkaitan dengan gerakan Zaman Baru, termasuk Out on a Limb karya Shirley MacLaine, mulai muncul di Jepang,  dan department store saat itu tertentu menawarkan ruang rak untuk publikasi dan produk spiritual mereka. department store lah yang  pertama  menggunakan istilah "Seishi sekai". 

Serangan gas sarin di kereta bawah tanah metropolitan Tokyo (1995) oleh anggota Aum Shinriky  merupakan titik balik penting dalam hubungan antara  media  dan agama di Jepang. Pers dan media pada umumnya berkontribusi pada penciptaan  "fenomena agama", setelah itu mereka menekankan "masalah cuci otak" dan kerusakan yang  dapat ditimbulkan oleh kelompok-kelompok ini terhadap masyarakat. Kritik terhadap media  sering diarahkan pada kelompok agama baru, sementara mereka cenderung mengambil sikap berbeda terhadap kelompok "tradisional": Dalam menghadapi tradisi agama yang sudah mapan, media Jepang  biasanya menekankan aspek positif.

grub keagamaan yang berkolerasi dengan media untuk menungjang citra pimpinan yang di maksud sebagai berikut:

  • Kofuku  no  Kagaku (Ilmu kebahagiaan)

Di Kÿfuku Groupno kagaku didirikan pada tahun 1986 oleh ÿkawa Ryÿhÿ (sebelumnya Nakagawa Takashi) saat usia ÿkawa Ryÿhÿ Di bawah 30 tahun, lulus dari Universitas Tokyo yang bergengsi dan sekaligus mantan karyawan sebuah perusahaan besar ÿkawa sebagai direktur dan pemimpin Kelompok spiritual. Pada tahun 1991, kelompok ini berhasil memperoleh pendaftaran resmi perusahaan keagamaan (shÿkyÿ hyjin dia) dan pengalaman Mengubah nyata untuk eksis  Foto Publik.  

  • Kampanye megaton (Kampanye Periklanan Hebat tahun 1991)

Dari Maret hingga Juli 1991, grup tersebut mensponsori kampanye iklan dipercayakan kepada salah satu biro iklan  paling terkenal di Jepang, Dentsu, diduga membuat uang muka lebih dari dua miliar yen (Asahi Shinbun 30 Juli 1991, 29) Tata letak pertama dari pesan promosi melibatkan kata-kata Nosutoradamusu senritsu no keiji (Wahyu  Mengerikan dari Nostradamus) dan Arÿ no daikeikoku Peringatan Tuhan Maha Besar), diterbitkan oleh penerbit kelompok dan dikaitkan dengan pemimpinnya Itu diikuti dengan teks Eien no Budda (Buddha Abadi) dan peristiwa yang terkait dengannya ulang tahun koki pada  15 Juli di Tÿkyÿ Dome, sebuah kompleks besar biasanya disediakan untuk acara olahraga atau konser. Mengenai peristiwa baru-baru ini, antara tanggal 15 dan 19 Juli, gambar promosi diterbitkan oleh empat surat kabar  nasional dan 37 surat kabar regional - yang memuat iklan satu halaman penuh untuk buku tersebut sebanyak tiga kali - dan diliput dalam tiga puluh majalah,  berbagai saluran, dan televisi. program Five Hundred Times Den tempat kedua lima belas  dan di tiga puluh tiga stasiun radio Selain itu, 55 stiker muncul di taksi di seluruh negeri, 40 kendaraan iklan disewa, dan balon udara terbang di atas Tÿkyÿ selama seminggu dengan slogan "Waktunya Telah Tiba, Ilmu Kebahagiaan" (jidai wa, ima kÿfuku no Kagaku) . .

  • Teks dari Eien no Buddha (pesan promosi)

Publikasi panduan yang paling signifikan  adalah teks Eien no Budda, yang muncul dari tanggal 15 hingga 19. Juli di surat kabar tertentu Untuk pertama kalinya, citra pendiri digunakan dalam kampanye iklan Hanya  Mainichi Shinbun yang setuju untuk menerbitkan gambar wajah pemimpin atas permintaan kelompok. Majalah Yomiuri shinbun, Nikkei shinbun, Sankei shinbun dan Tÿkyÿ shinbun menerbitkan gambar kosmos dan foto sampul buku yang telah diubah ukurannya, sedangkan Asahi Shinbun memutuskan untuk merilis gambar  sampul buku saja. Mereka menolak untuk mempublikasikan foto ÿkawa karena beberapa alasan: dari keyakinan bahwa  wajahnya dapat menjadi elemen propaganda yang sangat ditujukan untuk dakwah (Asahi shinbun, Yomiuri shinbun) hingga keberatan bahwa  iklan publikasi tidak boleh memuat wajah penulisnya (Tÿkyÿ shin bun).

Mengenai  publisitas  untuk  acara  di  Tÿkyÿ  Dome,  foto  pemimpin  tersebut  diterbitkan  tidak hanya  oleh  shinbun  Mainichi, tetapi  juga  oleh  shinbun  Sankei  dan  shinbun  Tÿkyÿ;  semua menyatakan  bahwa  menggunakan  gambar  tokoh  terkemuka dalam  mempromosikankonferensi  adalah  sah,  karena  itu  bukanlah  hal  baru  dalam  mengiklankan  acara  publik. Tÿkyÿ shinbun,  bagaimanapun,  memilih  untuk  tidak  mempublikasikan  foto  close-up  ÿkawa. Menurut  pernyataan  juru  bicara  surat kabar  tersebut,  ini  untuk  menghindari  dorongan dakwah;  sebaliknya  surat  kabar  memilih  gambar  di  mana  pemimpin muncul  di  konferensi publik.  Di  sisi  lain,  karena  takut  terlalu  mempengaruhi  strategi  grup  untuk  ekspansi, shinbun  Yomiuri dan  shinbun  Nikkei  keduanya  menolak  untuk  membawa  iklan  tersebut. Dalam kaitannya dengan Kÿfuku no kagakui, sikap surat kabar dan stasiun radio dan televisi terhadap kampanye iklan grup, kritik dimulai, yang dibawanya ke grup itu menjadi sasaran sampul banyak majalah skandal Pada faktanya  bahwa  jaringan  televisi,  Nihon  terebi,  TBS,  Terebi  Asahi  dan  Terebi Tÿkyÿ  menerima  iklan  untuk  publikasi tersebut  tetapi  menolak  iklan  untuk  acara  spektakuler tersebut.  Alasannya  mirip dengan  yang  diberikan  oleh  surat  kabar; meskipun,  selama periode  yang  sama  Terebi  Asahi  mentransmisikan  dua  program yang  dibiayai  oleh  grup: Yume  oi  hito (disiarkan  dari  Juni  hingga  Agustus)  dan  Tamori  no  ongaku  wa  sekai  da (ditayangkan pada  bulan  Juni).  Hanya  Fuji  terebi yang  menyiarkan  kedua  pesan  iklan tersebut. Mengenai  penolakan  untuk  menerbitkan,  penting  untuk  ditekankan  bahwa meskipun  banyak surat  kabar  telah  menetapkan  aturan  yang  mengatur  iklan  oleh  kelompok  agama, sikap  mereka  bervariasi terutama  dari  kasus  ke  kasus:  misalnya,  banyak  surat  kabar  yang menolak  iklan  untuk  Kÿfuku  no  kagaku  menerimanya  untuk  acara  grup  Agonshÿ. 

Reaksi  media  terhadap  kelompok  tersebut  dapat  dikaitkan  dengan  ketidakpastian  tentang sikap  yang  tepat  ketika dihadapkan pada  permintaan  untuk  mempublikasikan  pesan  iklan dari  kelompok  agama,  terutama  yang  baru  terbentuk.  Jika,  di  satu sisi, permintaan  Kÿfuku no  kagaku  mirip  dengan  permintaan  perusahaan  lain  atau  penerbit  yang  berniat mempromosikan produknya,  pertumbuhan  tajam  anggota  kelompok  tersebut  pasti menyoroti  masalah  potensi  media  dalam  membantu mereka  atau  tidak  dengan  strategi ekspansi  mereka.  Namun,  ambiguitas  ini  juga  ditekankan  oleh  norma-norma  yang disebutkan  di  atas  yang  dimasukkan  ke  dalam  peraturan  pers  tentang  iklan  keagamaan sebagaimana  diterapkan  pada  tahun 1991.  Kriteria  pengecualian  agak  acak,  karena  dasar untuk  membedakan  antara  pesan  yang  kurang  lebih  tepat  tidak  jelas. ditentukan. Selanjutnya,  dinyatakan  bahwa  pengumuman  yang  menuntut  keuntungan  duniawi  (Ibid,  78)   akan  ditolak;  atau  jika  doktrin-doktrin  dianggap  jelas  tidak  ilmiah atau  mengandung pernyataan-pernyataan  yang  sewenang- wenang. Namun,  kriteria  apa  yang digunakan  untuk  menilai  legitimasi  atau  bahkan  landasan  ilmiah  suatu  kelompok  agama
sama  sekali  tidak  dijelaskan. Dalam kaitannya dengan Kÿfuku no kagakui, sikap surat kabar dan stasiun radio dan televisi terhadap kampanye iklan grup, kritik dimulai, yang dibawanya ke grup itu menjadi sasaran sampul banyak majalah skandal


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun