Mohon tunggu...
Dhimas Walidhia Tirta
Dhimas Walidhia Tirta Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa yang berkuliah di STMIK Nusa Mandiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pelatihan Pembuatan Website Portofolio

12 Juni 2021   03:26 Diperbarui: 12 Juni 2021   03:57 48 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Pembuatan Website Portofolio
dokumentasi pribadi

Perkembangan komunikasi saat ini tidak terlepas dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri, semakin tinggi teknologi informasi dan komunikasi yang ditemukan dan digunakan maka tidak terlepas juga dari bagaimana perkembangan komunikasi di masyarakat dan bagaimana masyarakat sosial tersebut berinteraksi. Di tengah kemajuan teknologi di era Industri 4.0, yaitu adanya suatu perubahan dengan memanfaatkan konsep mesin sebagai pengganti tenaga kerja manusia yang lebih efisien yakni dalam memproduksi suatu barang atau permasalahan yang ada.

Di samping itu, wabah virus Covid-19 yang masih melanda wilayah Indonesia membuat banyak aktivitas yang mengharuskan kita untuk mengurangi segala kegiatan di luar rumah. Dengan tetap patuh pada anjuran pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah virus Covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Mahasiswa Semester 8 Kampus Universitas Nusa Mandiri, Fakultas Teknik & Informatika dengan Program Studi Sistem Informasi. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan pada pemuda-pemudi Karang Taruna RW 01 khususnya dalam bidang teknologi informasi yaitu dengan pembuatan website portofolio.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yakni pada tanggal 4-6 Juni 2021. Metode Pengabdian Masyarakat tersebut dilaksanakan 2 (dua) hari secara online pada tanggal 4-5 Juni 2021 dengan media Zoom Conference, di mulai dari jam 13.30 wib sampai dengan jam 15.00 wib. Selanjutnya kegiatan dilaksanakan secara offline pada tanggal 6 Juni 2021 di SMP/MTS Al-Mizan, di mulai dari jam 10.00 wib sampai dengan jam 14.00 wib. Kegiatan offline yang dilaksanakan itu para peserta membuat website portofolio dengan di dampingi oleh tim Pengabdian Masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat secara offline ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Peserta pelatihan pembuatan website portofolio adalah pemuda-pemudi Karang Taruna RW 01 Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong, Kabupaten Bogor. Adapun susunan tim Pengabdian kepada Masyarakat adalah ibu Cahyani Budihartanti S.Kom, M.Kom selaku Dosen Pembimbing dari Kampus Universitas Nusa Mandiri, dan Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri yaitu Dhimas Walidhia Tirta, Syaeful Gamar, Farhan Zhafiri, Suryadi, Rosa Putri Utami.

Sesi foto dan pembelajaran hari pertama/Dokpri
Sesi foto dan pembelajaran hari pertama/Dokpri
Sesi foto dan pembelajaran hari pertama/Dokpri
Sesi foto dan pembelajaran hari pertama/Dokpri

Tahap awal kami memberikan dan menjelaskan materi berupa modul pembelajaran yang dibuat oleh tim Pengabdian Masyarakat. Materi tersebut menjelaskan mengenai Revolusi Industri 4.0, Ekonomi Digital dan Teknologi Website yang sedang berkembang di Indonesia. Berbagai sektor ekonomi saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi informasi, sangat disayangkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan tersebut masih minim. Dengan memberikan sebuah gambaran tentang teknologi yang sedang tren di perusahaan, lembaga, atau pemerintahan bahwa perkembangan ekonomi dengan menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi itu sangat penting demi kebutuhan hidup.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Sesi foto dan pembelajaran hari kedua|dokumentasi pribadi
Sesi foto dan pembelajaran hari kedua|dokumentasi pribadi
Tahap selanjutnya menjelaskan materi mengenai aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan website dan konsep rancangan program website portofolio. Peserta diberikan gambaran tentang rancangan struktur program yang nanti akan di buat disaat pelatihan secara langsung.

Setelah pemaparan materi, kami buka sesi tanya jawab dimana peserta dapat memberikan pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan. Kegiatan berlangsung lancar dan baik. Salah satu peserta bernama Putra Ardiansyah memberikan respon positif dengan diadakannya pelatihan tersebut, ia mengatakan “Sangat bermanfaat apalagi saat ini memasuki era globalisasi dimana teknologi informasi sudah sangat canggih, maka itu dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan sebuah kemampuan khususnya dalam bidang komputer atau TI. Dengan pelatihan ini pula setidaknya dari kita dapat mengetahui bagaimana website itu dibuat”.

Lalu anggota kami memberikan tanggapan mengenai kegiatan yang diadakan, “Kami mengadakan kegiatan ini dengan harapan dapat membantu bukan untuk karang taruna rw01 saja, tetapi untuk membantu khalayak lainnya agar dapat menerima era teknologi sekarang dan mengikuti perkembangan yang ada. Karena teknologi semakin maju, kita pun harus maju” Ujar Rosa Putri Utami.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Kegiatan Pengabdian Masyarakat secara offline| dokpri
Kegiatan Pengabdian Masyarakat secara offline| dokpri
Pelatihan dilakukan secara langsung di dalam kelas yang berlokasi di SMP/MTS Al-Mizan, dalam kegiatan pelatihan pembuatan website portofolio para peserta mengikuti instruksi yang diarahkan oleh mentor. Pembuatan website dimulai dari organisir struktur rancangan program dan source code program HTML, CSS, dan Javascript. Kegiatan tersebut berlangsung lancar hingga terciptanya sebuah website portofolio utuh yang dapat di hosting ke dalam internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x