Mohon tunggu...
Park Ha
Park Ha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Just try to be slow

INFP

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Teknik Membaca Pola Pikiran Negative-thinking: Rutinitas yang Wajib Dilakukan untuk Menjaga Mental

9 Agustus 2023   19:41 Diperbarui: 9 Agustus 2023   19:44 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: www.sweetsiwan.com/

Teknik membaca pola pikiran adalah teknik yang digunakan untuk memonitor apakah pola pikir yang sedang kita gunakan merupakan pola pikir yang baik atau tidak. Terdapat beberapa langkah mudah yang bisa diikuti, yaitu 

Pertama, tentukan kategori dan pikiran negatifmu saat ini 

Berpikir negatif memiliki beberapa kategori. Diantaranya adalah magnifying, polarizing, catastrophizing, atau personalizing. 

Setiap kali sebuah pemikiran muncul, cobalah untuk mengklasifikasikan, pola pikir manakah yang kamu gunakan saat itu. Jika termasuk diantara keempat tersebut. Maka itu adalah pola pikir yang buruk. 

Lalu, katakan beberapa hal berikut dengan lantang, (sebagai contoh)

- "Hari ini aku tidak akan bisa melakukan hal apapun dengan benar" Ketika pemikiran ini muncul, ucapkanlah, "Aku tidak ingin catastrophizing, aku akan memilih untuk berusaha sebaik mungkin apapun hasilnya"

- "Aku tidak akan buang tenaga hanya untuk rutin berolahraga" ketika pemikiran ini muncul, ucapkanlah, "Aku tidak ingin magnifying, Aku akan memilih untuk konsisten berolahraga untuk masa depan kesehatanku nanti."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun