Mohon tunggu...
Dhendy Ptra
Dhendy Ptra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasisa

Hobby main futsal pencapaian saya ingin menjadi mahasiswa yang berkarya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perubahan akibat Adanya Mahasiswa

6 Desember 2022   02:08 Diperbarui: 6 Desember 2022   02:05 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Banyak nya pemimpin pemberani dan cerdas,salah satunya mahasiswa yang berfikiran tinggi dalam hal positif yang mengakibatkan perubahan yang signifikan.dalam negri ini di perlukan banyaknya calon pemimpin yang pemberani yang memiliki kecerdasan atau kepemimpinan rist taker yaitu pempimpin yang berani mengambil resiko,bertanggung jawab dan berkerja dengan jujur.kadang kala pemimpin yang sangat cerdas namun tidak memiliki sifat berani ber argumen,sifat seperti itu lah yang menghambat penghambat perubahan.

Dari masa ke masa indonesia menghasilkan banyaknya mahasiswa yang membawa perubahan berbeda-beda di setiap eranya. Menurut salah satu tokoh yang bernama kartono dalam ulfah di 2010,ia menyebutkan bahwa mahasiswa sebagai anggota masyarakat yang memiliki ciri –ciri khusus, yaitu memiliki kemampuan dan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi, sehingga digolongkan sebagain kaum intelegensia, akibat suatu kesempatan yang ada, nantinya mahasiswa dapat diharapkan berkepemimpinan yang mampu dan terampil, dalam memimpin masyarakat maupun dalam dunia kerja sebagai daya penggerak yang sangat dinamis bagi proses modernisasi.sebagai daya penggerak dinamis bagi proses yang saat di butuhkan guna perubahan sosial.Hal ini salah satu peran mahasiswayang berkaitan dengan Agent of Change (pembawa perubahan) yang dapat diharapkan dapat menjadi penggerak, pelaku ,atau pelopor dalam perubahan sosial.

Seperti yang kita ketahui pada abad dua puluh awal, exksitensi mahasiswa indonesia, di akui sebagai kelas sosial terpelajar A dalam mengisi peran yang sangat strategis bagi masyarakat.banyak nya jumlah mahasiswa aktif yang terlibat dalam gerakan perubahan. Sejak saat itu penggerak utama perbahan masyarakat adalah mahasiswa terutama dalam perubahan sosial politik, dan ekonomi di tanah air,dengan adanya aktivitas mahasiswa merambah wilayah lebih luas, bukan hanya sekedar pembelajaran dalam perguruan tinggi. Aktifitas yang dilakukan mahasiswa disebut gerakan mahasiswa,namun sejakn pembentukan NKK/BKK mahasiswa tak terlibat dalam politik kampus maupun nasional. Model gerakan mahasiswa sangat berubah total dari suatu gerakan demonstrasi (gerakan nasional) kearah pola yang lebih relevan yang di imbangi dengan kajian intlektual.

Dari tahun ke tahun banyak nya perubahan dengan aksi yang di lakukan oleh banyaknya mahasiswa dari masa ke masa,seperti yang kita ketahui salah satu aksi penolakan yang pernah ramai beberapa tahun lalu yaitu aksi mahasiswa dalam melakukan omnibus law yang terjadi pada akhir oktober 2020 lalu . aksi ini dilakukan oleh mahasiswa karna adannya rasa tidak adil oleh UU Cipta Kerja yang di amandemen oleh pemerintah indonesia.aksi penolakan ini menjadi salah satu aksi perubahan karna melibatkan banyak mahasiswa, sebanyak 5.000 mahasiswa yang hadir dari seluruh penjuru mahasiswa indonesia.

Seperti salah satu pertanyaan yang selalu hadir di benak masyarakat indonesia, mengapa mahasiswa yang selalu disebut karna mempunyai peranan penting dalam perubahan sosial politik maupun ekonomi di nergi ini? Bukan kah di negri ini tidak hanya mahasiswa melainkan banyak pemuda lain di luar mahasiswa?

Pertanyaan seperti ini yang sering kita pikirkan di benak kita jika mendengar kata perubahan, dan sangat di benenarkan bahwa benyaknya banyak nya pemuda di luar lingkup mahasiswa, Namun hal tersebut tidak akan maksimal bila tidak dilakukan oleh mahasiswa. Mengapa demikian? Karna mengingat bahwa mahasiswa memiliki ciri ciri yang sangat khusus dan tidak di miliki pemuda lain.

Oleh karna itu, dengan segala harapan yang kita pegang terhadap mahasiswa diharapkan semakin banyaknya campur tangan dalam kontribusi untuk negri ini. Kita semua sebagai masyarakat indonesia juga memiliki kontribusi untuk mendukung mahasiswa untuk perubahan sebagai pendorong utama, pelopor, penggerak, maupun pelaku utama sebagai calon pemimpin untuk negri kita tercinta dengan adanya keberanian dan kecerdasan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun