Mohon tunggu...
dharma simatupang
dharma simatupang Mohon Tunggu... Guru - Guru Fisika SMK N 2 Pematangsiantar

^^Anugrah Ilahi membuat ku membumi^^

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kisah Lawas Berantas Jerawat Saat Masa Pubertas

17 Oktober 2021   09:08 Diperbarui: 17 Oktober 2021   09:10 127 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jerawat wajah/hellosehat.com

Jerawat

Jerawat  sekecil apa pun, bisa bikin galau para remaja. Apalagi jika tumbuh subur di wajah. Jerawat saat remaja membuat rasa percaya diri  merosot tajam. Sehingga saat itu, jerawat bukanlah masalah sepele bagi saya. Tak pernah menganggapnya remeh, karena saya sadari memberi dampak psikologis, membuat immun menurun drastis.

 Timbulnya jerawat pada remaja merupakan hal yang lumrah. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon pada masa pubertas. Masalah jerawat juga bisa timbul karena faktor keturunan. 

Saat remaja yang sedang masa aktif-aktifnya, bergaul ke mana-mana, sehingga lebih sering berkeringat terkena debu dan kotoran. Inilah yang menyumbat pori-pori dan membuat masalah jerawat menjadi runyam.   

Saat remaja saya membaca tabloid remaja yang mengupas masalah hormon masa pubertas dan membahas masalah jerawat. Satu pesan yang saya ingat, jika Anda tidak ingin jerawatan, perhatikan lebih dahulu bahan-bahan yang dapat membuat kulit terkontaminasi bakteri dan kotoran. Misalnya, terlalu sering menyentuh wajah dan sering memencet wajah. 

Tangan adalah salah satu organ tubuh yang paling banyak beraktivitas. Risiko tangan kotor, terpapar debu atau kotoran lainnya sangat mungkin terjadi. Pesannya agar jerawat tidak bertambah, hindari terlalu sering menyentuh kulit wajah. Hindari pula memencet jerawat karena dapat memicu peradangan atau munculnya jerawat baru. 

 Kebiasaan positif

Saya berbagi pengalaman saat masih muda menangani jerawat dengan cara alami. Saya menggunakan terapi  madu asli. Dengan cara mengoleskan madu asli pada jerawat. Lakukan secara rutin, setelah wajah dibersihkan. Peradangan jerawat juga akan  berkurang, jerawat mengering, dan akhirnya berangsur sembuh. Yang penting, jangan mengutak-atik jerawat. 

Namun sembari melakukan terapi madu asli, saya tidak melupakan sejumlah kebiasaan positif. Kebiasaan positif ini sangat penting diterapkan agar jerawat tidak membandel dan setidaknya tingkat keparahan  jerawat bisa dikurangi.

Pertama, Membersihkan wajah secara rutin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan