Mohon tunggu...
Dhafina Alima
Dhafina Alima Mohon Tunggu... SMP Labschool Jakarta

hai

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengapa Siswa SMP Senang Bermain Game Online?

6 September 2019   11:39 Diperbarui: 20 September 2019   11:34 13 0 0 Mohon Tunggu...

Mengapa siswa SMP senang sekali bermain games? apalagi, game online?

Coba kalian pikirkan. Setelah hampir satu hari full berada di sekolah, belajar, memeras otak, duduk menyatat dan mendengarkan ceramah guru di depan kelas, apa yang akan kalian lakukan pada posisi mereka, ketika mereka pulang sekolah disambut waktu luang dan handphone?

Sebagian besar siswa pasti akan menggunakan handphone mereka sambil bersantai, atau mendengarkan lagu, atau keduanya, atau salah satunya saja. Sebagai siswa SMP Labschool, jujur saja aku merasakan hal yang sama. Di sekolah itu sudah capek belajar, begitu pulang capek lagi karena belajar LAGI, belum lagi yang ada les. Maka, menurutku, pelampiasan mereka (para siswa) adalah bersantai sambil bermain handphone.

Nah, saat bermain handphone, pernahkah kalian bosan dengan app atau game yang terdapat di handphone kalian? Setelah berkali-kali bolak balik membuka-tutup social media, lama-lama akan bosan, meski memang bermain social media mengisi kekosongan hari.

Nah, kalau hari di sekolah mengesalkan, kami para siswa mencari sarana untuk mengeluarkan kekesalan kami. Daripada melakukannya pada orang lain atau penghuni rumah, mungkin satu-satunya jalan keluar hanyalah game. Game seperti PUBG, Fortnite, Free Fire, dkk (maaf kalau namanya salah aku gak main yang kayak begini T^T) mungkin adalah "jalan keluar" mereka dari dunia menyebalkan ini. Karena, sejujurnya, games memang agak membantu. 

Namun, jika bermain games seperti ini terus-terusan, itu tidak baik untuk kesehatan. bermain games yang membangun kecerdasan otak memang bagus dan LEBIH BERMANFAAT daripada games seperti PUBG dkk, tapi bukan berarti kita tidak boleh bermain juga.

Bermain sesekali memang boleh, namun yang tidak boleh itu yang keterusan. Memang sih, jika waktu luang kita diisi dengan belajar, maka seharian kita akan memeras otak untuk belajar, karena itulah kami mengisi waktu luang dengan bermain!

Tapi kalau menurutku, waktu luang itu dibagi tiga! Bagian pertama untuk istirahat atau bermain, bagian kedua untuk belajar dan mengerjakan PR, bagian ketiga untuk membereskan keperluan sekolah dan lain lain. Untuk waktu bermain handphone, sebaiknya dibatasi, seperti saat malam jam 9 handphone sudah harus dimatikan dan tidak dimainkan lagi. Waktu tidur juga sebaiknya pada jam 9, jadi saat bangun jam 5, badan kalian segar.

Itu saja dariku, semoga bermanfaat!

VIDEO PILIHAN