Mohon tunggu...
M Dhadhat Wicaksana
M Dhadhat Wicaksana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

A Learner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal Cybercrime dan Tips Melindungi Data Anda

27 Oktober 2021   18:30 Diperbarui: 27 Oktober 2021   18:56 165 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada era teknologi 4.0, internet seperti menjadi nyawa di kehidupan banyak orang, orang tampaknya tidak bisa hidup tanpa internet. Mulai dari scrolling sosial media, mengerjakan tugas, menonton film, urusan bisnis, dan masih banyak kegiatan lainnya semua bergantung kepada koneksi internet. 

Apabila tiba-tiba koneksi internet mati sebentar ataupun dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan kerugian yang banyak, seperti yang dilansir oleh Becky Dale dari BBC Indonesia “Penutupan akses internet di papua pada tahun 2019, dimana pemerintah yang mengaku melakukannya untuk menekan penyebaran hoax” penutupan akses internet selama 1 bulan tersebut mengakibatkan terganggunya kegiatan ekonomi dan usaha di sana seperti masyarakat tidak bisa melakukan transaksi jual beli online, tiket perjalanan, dan kegiatan ekonomi lainnya. Bukan hanya ekonomi, birokrasi daerah papua juga terdampak akibat sulitnya komunikasi dan informasi yang biasanya didapatkan melalui internet.[1] 

Sama seperti di dunia nyata, internet merupakan tempat yang luas, dunia internet atau yang disebut Dunia Maya (bahasa inggris: cyberspace) yaitu dunia virtual komputer atau lebih spesifiknya media elektronik yang memfasilitasi komunikasi daring. 

Dunia Maya biasanya melibatkan jaringan komputer besar yang terdiri dari banyak sub-jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh dunia. Dunia Maya menjadi lingkungan virtual yang interaktif untuk jumlah pengguna yang sangat banyak[2]. Seperti di dunia nyata, bukan hanya hal-hal yang baik yang terjadi disitu, kejahatan juga dapat terjadi di dunia maya. 

Kejahatan di dunia maya disebut cybercrime. Cybercrime adalah segala aktivitas kejahatan yang melibatkan komputer, jaringan perangkat atau jaringan internet.[3] Cybercrime bukan hanya menyerang seseorang tapi juga sebuah negara seperti diserangnya website pemerintah dan sistem keuangan negara. 

Cybercrime merupakan masalah yang tidak bisa dianggap enteng, dilansir dari website antivirus Kaspersky; beberapa contoh cybercrime yang bisa terjadi seperti:

 Penipuan email dan internet, identitas yang dicuri, pencurian data finansial atau pembayaran, pencurian dan penjualan data perusahaan, cyberextortion (pemerasan seseorang agar tidak mendapat ancaman), serangan ransomware (mirip seperti cyberextortion), cryptojacking (hacker menambang cryptocurrency menggunakan resource orang lain), dan cyberespionage (hacker dapat mengakses data pemerintah dan perusahaan).[4] 

Cybercrime terjadi setiap hari, karena ke-anonymous-an pelaku sehingga membuat serangan cybercrime sulit untuk dihilangkan. Dari serangan ini banyak efek negatif yang dialami korban, seperti kehilangan uang akibat ditipu atau dicuri secara online, Reputasi yang rusak akibat informasi pribadi yang dibocorkan pihak tidak bertanggung jawab, File-file penting pribadi menjadi korup atau rusak akibat virus. 

Tentunya kita tidak mau menjadi korban selanjutnya dan seperti pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati” anda seharusnya lebih sadar akan nyatanya bahaya cybercrime dan melakukan pencegahan mulai dari dengan memperketat keamanan data pribadi dan keluarga. Lalu apa saja sih yang bisa anda lakukan untuk melindungi diri dari serangan cybercrime?

Di lansir dari web antivirus Kaspersky, adapun cara-caranya yaitu:

  • Rutin mengupdate perangkat lunak dan OS Perangkat anda

Dengan cara ini anda diharapkan mendapatkan manfaat dari pembaruan security patch untuk melindungi perangkat anda

  • Menggunakan Anti-virus original dan rutin di update

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan