Mohon tunggu...
Dewi Sri Tunjungsari
Dewi Sri Tunjungsari Mohon Tunggu... Guru dan Penulis

Kompasiana bidang pendidikan, teknologi, dunia kreatif, dan ilmu pengobatan islam. Writer, Columnist, Buzzer, Founder mengintipnusantara and graduatedshop

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Pentingnya Bertaubat Sebelum Berdo'a

15 Mei 2020   14:22 Diperbarui: 15 Mei 2020   14:33 32 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Bertaubat Sebelum Berdo'a
screenshot-2020-05-15-dewi-sri-mengintip-nusantara-dewistarlife-foto-dan-video-instagram-1-5ebe29f4097f363e39144212.png

Setiap orang memang memiliki caranya sendiri untuk berdoa. Tapi tahukah bahwa pentingnya kita mengingat dosa terlebih dahulu dibandingkan kita meminta apa yang kita inginkan secara menggebu tanpa meminta ampun terlebih dahulu?


Ada sebuah kisah tentang Sahabat Nabi yang setiap dia melakukan sesuatu, ia takut melakukan kesalahan. Hingga akhirnya, para malaikat pun banyak melayat sahabat nabi tersebut.


Dialah, Tsalabah bin Abdul Rahman ra adalah salah seorang sahabat yang mulia. Beliau berasal dari kalangan Anshar, dan selalu setia melayani Rasulullah Saw sejak beliau ra masuk Islam.

Ya.. Inilah bukti bahwa taubat adalah dikabulkannya doa doa kita, dijauhkan dari perbuatan dosa, dijauhkan sejauh jauhnya hingga akhirnya Allah menuntun ke arah yang lebih baik.

Sesungguhnya Allah Ta’ala  berfirman dalam surat Nuh (ayat 10-12). فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhan kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepada kalian dengan lebat,

وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12) Serta memperbanyak harta dan anak-anak kalian, mengadakan kebun-kebun untuk kalian, dan mengadakan (pula di dalamnya) sungai-sungai untuk kalian.

Mari kita beristigfar sebanyak banyaknya, menyebut nama Allah sebanyak-banyaknya dan melakukan penyesalan apa yg kita lakukan setiap harinya. Bersujudlah juga dihadapan Allah dan berdoa sungguh setiap sholat... Dewi Sri S. Pd

VIDEO PILIHAN