Mohon tunggu...
Dewi RafikaSari
Dewi RafikaSari Mohon Tunggu... Mahasiswi Unila

Calon S.Hut

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tingkatkan Skill dan Self Development Saat Ramadhan

16 April 2021   02:27 Diperbarui: 16 April 2021   02:33 611 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingkatkan Skill dan Self Development Saat Ramadhan
Cara pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam saat Ramadhan / dokpri

Ramadhan merupakan salah satu momen penting untuk ajang refleksi diri di mana saat Ramadhan orang melakukan suatu hal yang tidak biasa dilakukan pada hari-hari lain. 

Saat Ramadhan, umat muslim dituntut untuk menahan hawa nafsu, tidak hanya makan dan minum, namun segala bentuk nafsu yang ada pada diri manusia sehingga saat Ramadhan kerap membuat orang ingin memperbaiki dirinya. 

Oleh karena itu, pada bulan yang suci ini perbanyaklah melakukan kegiatan yang positif salah satunya memperdalam skill dan self development. Nah, apa saja sih skill dan kegiatan self development yang bisa kita kembangkan saat Ramadhan? yuk simak beberapa tips berikut.

1. Melatih Kedisiplinan

Disiplin adalah salah satu hal paling mendasar yang dibutuhkan dalam hidup setiap manusia. Sejak kecil, orang tua telah mengajarkan kita untuk hidup dengan kedisiplinan. Meski saat kecil bersikap disiplin terasa berat, setelah beranjak dewasa Kamu akan menyadari betapa kedisiplinan membawa dampak yang positif dalam hidup. Saat Anda memiliki kendali akan segala hal. 

Sikap disiplin merupakan skill yang tidak semua orang miliki karena kedisiplinan dibentuk murni secara bertahap dari waktu ke waktu. ketika seseorang sudah terbiasa disiplin sejak kecil maka tidak akan sulit untuk diterapkan saat ia dewasa. Sikap disiplin merupakan sikap mahal yang sangat diperlukan terutama di dunia pekerjaan.

Pada bulan suci Ramadhan kedisiplinan dilatih dengan disiplin bangun pagi dan melaksanakan sahur, disiplin sholat tepat waktu dan disiplin saat berbuka puasa. 

Ketika seseorang bangun pagi dan menyiapkan terlebih dahulu apa yang akan dilakukan dan dibutuhkan untuk beraktivitas pada satu hari full maka sama halnya hari tersebut sudah terencana dengan baik sehingga aktivitas pada satu hari tersebut sudah terstruktur. 

Sikap disiplin menciptakan image bahwa Kamu adalah orang yang dapat diandalkan dalam segala situasi. Tipe orang yang demikian akan mendapat promosi cepat dalam perusahaan. Setiap orang menginginkan orang yang dapat diandalkan. 

2. Meningkatkan Manajemen Pengeluaran 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x