Mohon tunggu...
Dewips
Dewips Mohon Tunggu... Just an ordinary woman

Mau copy-paste artikel? Boleh saja, dengan tetap tampilkan asal sumber tulisan! Visit me @ ladiesbackpacker.wordpress.com, Email me : swap.commune@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Asal-usul Orang Suka Sekali Nyinyir

15 September 2020   14:04 Diperbarui: 16 September 2020   15:17 557 19 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asal-usul Orang Suka Sekali Nyinyir
Ilustrasi nyinyir kepada orang lain.(sumber gambar: Thinkstock)

Mari kita menilik fenomena Misogynist pada kaum nyinyir. Pasti kita pernah atau sering melihatnya di kehidupan sehari-hari. Terkhusus di era digital seperti sekarang ini, di mana kaum nyinyir atau bahasa kerennya hate speech banyak terdapat di media sosial.

Siapa yang pernah menonton film pendek Tilik, pasti kenal contoh nyata kaum nyinyir dari sosok Bu Tejo di film tersebut. Mengapa hal itu kebanyakan terjadi pada kaum perempuan?

Karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai kebiasaan buruk tersebut di kehidupan sosial kita. Dimana penjelasannya sudah saya rangkum dalam artikel ini.

Berdasarkan ilmu psikologi kebiasaan nyinyir juga bisa dikategorikan sebagai salah satu ciri dari sifat Misogynist.

Berdasarkan info yang saya baca sifat mysoginist sendiri ternyata ada dua macam yaitu dari laki-laki ke perempuan dan kepada sesama perempuan atau female mysoginist.

Dimana berdasarkan kamus psikologi mysoginist itu sendiri berarti sifat membenci perempuan. Dari artinya kita pasti paham mengapa sosok Bu Tejo termasuk representasi kaum mysoginist kepada sesama perempuan.

Kalau yang menjadi korban nyinyir itu laki-laki bagaimana? Karena ada juga netizen pria di media sosial yang menjadi korban nyinyir baik itu dari perempuan maupun dari kaumnya.

Untuk sifat itu sendiri biasa disebut dengan istilah Misandry yang memiliki pengertian sifat membenci laki-laki. Baik itu perlakuan dari perempuan atau dari sesamanya, entah itu yang lebih muda maupun yang lebih tua darinya.

Faktanya fenomena nyinyir lebih sering terjadi pada kaum perempuan, dengan mengambil contoh sifat Bu Tejo di kehidupan kita sehari-hari. Maka tipe female mysoginist yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Dimana tipenya dibagi lagi menjadi empat macam. Berikut adalah hasil penjabaran detailnya satu per satu:

1. Mysoginistic Puritan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x