Mohon tunggu...
Dewi Nurbaiti (DNU)
Dewi Nurbaiti (DNU) Mohon Tunggu... Dosen - Entrepreneurship Lecturer

an Introvert who speak by write

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Menghormati Keputusan Orang Lain? Harus Banget!

8 Juni 2018   21:09 Diperbarui: 8 Juni 2018   21:28 1642
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Selama tidak merugikan diri kita dan tidak ada pihak-pihak lain yang dirugikan atas suatu keputusan yang diambil oleh seseorang, maka sudah sepatutnya tidak perlu ada orang lain yang usik atas keputusan tersebut. Apakah saat ini masih banyak orang yang ingin tahu urusan hidup orang lain? Banyak sekali. Mulai dari hal-hal yang tidak penting hingga yang paling penting sekalipun.

Contoh paling sederhananya seperti yang saya alami di suatu sore saat berbuka puasa. Ketika ingin menikmati sepiring makanan yang menunya saya pilih sendiri berdasarkan minat hati dan keputusan pandangan mata atas nikmatnya suatu makanan, ada seorang Ibu yang rasa pedulinya terhadap saya begitu tinggi sehingga amat mengganggu.

Telah duduk dihadapan saya seorang Ibu paruh baya dan anak perempuannya seusia saya. Mereka tengah asik makan berdua dengan saling bertukar menu, antara gado-gado dengan mie ayam. Duduklah saya di kursi depan mereka yang kebetulan kosong saat itu, sambil membawa sepiring makanan berisi nasi putih, 1 ekor ikan bandeng goreng, sedikit sambal dan guyuran kuah sayur asem yang hampir tak terlihat wujudnya. Sangat benar sekali saat itu makanan yang saya pilih sangat terlihat simpel, minimalis atau bisa jadi ada yang berpendapat hemat atau pelit. 

Apapun pendapat orang saya berusaha abai, karena kegemaran saya santap pagi, siang ataupun malam adalah seperti itu. Tidak penting terlalu banyak nasi dan banyak macam lauknya, karena yang paling penting bagi saya adalah saya mampu menghabiskan makanan yang telah saya ambil. Fyi, menghabiskan sepiring makanan adalah hal yang amat sangat berat buat saya hahaha...

Pun terhadap komentar ibu tersebut, awalnya sudah saya abaikan dan saya tanggapi dengan bercanda, tetapi lama-lama saya jadi ingat lirik lagunya Bunga Citra Lestari yaitu "ku ingin marah... melampiaskan, tapi ku hanyalah sendiri di sini... ingin ku tunjukkan pada siapa saja yang ada, bahwa hatiku kecewaaaa......" hahaha.... Ya, saya sangat kecewa dengan komentar ibu cantik itu.

Apa sih komennya? Ini dia :

"Hahaha... si mbak kayak kucing ya makannya... hahaha... kaya kucing di rumah saya tinggal dilemparin ikan sepotong doyan hahahaha..... "

Itu komentarnya.

Ia berbicara kepada anaknya dengan lantang di depan muka saya, wkwkwkkww..... Awalnya saya ikut tertawa, tapi karena sang Ibu berkali-kali mengulang perkataannya itu, lama kelamaan saya risih "kok Ibu ini ga sopan ya... kok ngomongnya gitu ya...". Akhirnya saya diam dan menanamkan dalam hati bahwa Allah SWT menciptakan makhluknya berbeda-beda, ada yang baik dan ada yang rese macam di Ibu itu. Selanjutnya saya mulai menikmati santapan yang telah saya ambil, dengan target mampu menghabiskan, karena berat badan 50 kg harus saya capai di tahun 2018 ini, setelah bertahun-tahun lamanya gagal dicapai hahahahah....

Akhirnya Ibu tersebut pun diam. Anak perempuan yang ada disampingnya terlihat tidak menggubris komentar sang Ibu yang ditujukan kepada saya.

Singkat cerita, Ibu dan anaknya selesai makan terlebih dahulu dan sekaligus meninggalkan meja makan lebih dulu dari saya. Sang ibu bergegas pergi dan menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran, sementara sang anak berjalan agak lambat di belakangnya. Sebelum meninggalkan meja yang masih ada saya di sana, Mbak Cantik yang merupakan anak dari Ibu tersebut mengatakan sesuatu kepada saya yang membuat saya terperanjat dan membuat saya teringat lirik lagunya Kang Judika "jangan sampaaiiiiii...hingga waktu perpisahan tibaaaa... dan semua yang tersisa hanyalah air mata... hanya air mata... Mungkin saja... cinta kan menghilang selamanyaaa... dan semua yang tersisa hanyalah air mataa.... Hanya air mata... cintaaaaaa.........."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun