Mohon tunggu...
Dewi LindaArdianti
Dewi LindaArdianti Mohon Tunggu... Mahasiswa

Yakin usaha sampai

Selanjutnya

Tutup

Film

Resensi Film Representasi Keindahan Gunung Semeru dalam Film "5 Cm"

30 Juni 2020   11:58 Diperbarui: 30 Juni 2020   12:20 21 1 0 Mohon Tunggu...

Film merupakan alat komunikasi massa elektronik dalam bentuk audio visual yang menyajikan kata-kata, bunyi, citra, dan kombinasi lainnya (Handi Oktavianus, 2015). Tidak hanya sebagai alat komunikasi, film pun memiliki fungsi sebagai penyampai pesan moral atau makna yang disajikan di setiap alur ceritanya. Berdasarkan beragam genre yang terdapat dalam sebuah film, isi dan makna yang disampaikan setiap film sudah pasti berbeda. 

Perbedaan tersebut juga terlihat dari tujuan dibuatnya film tersebut, misalnya untuk sekedar menghibur penonton, sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu, serta masih banyak tujuan lainnya. Dengan adanya keberagaman tersebut, membuat film menjadi sebuah karya yang banyak digemari seluruh kalangan.

Film 5 Cm merupakan salah satu film produk dalam negeri yang dirilis pada tanggal 12 Desember 2012 (https://m.detik.com). Film 5 Cm diangkat dari sebuah novel yang berjudul sama dengan filmnya karya Donny Dirgantoro dan terbit pada tahun 2005 (https://m.detik.com). Jadi, film ini diambil dari kisah nyata yang diceritakan kembali dengan tanpa mengurangi keaslian cerita. 

Namun, karena film ini diadaptasi dari sebuah novel, maka tentu ada perbedaan yang menonjol antara keduanya. Film 5 Cm disajikan dalam bentuk drama yang menceritakan kisah tentang persahabatan, percintaan, perjuangan meraih tujuan, dan rasa nasionalisme. Perpaduan antara beberapa tema tersebut dalam film ini sangat selaras. 

Selain itu, keterkaitan antara lima pemeran utama dalam film ini sangat harmonis. Dalam film ini terdapat pula cerita yang tidak diduga sebelumnya oleh penonton, namun hal tersebut membuat cerita lebih manis sehingga penonton ikut terbawa akan suasana.

Berdasarkan beberapa tema dalam film yang telah disampaikan, rasa nasionalisme juga sangat menonjol di dalamnya. Kecintaan terhadap tanah air digambarkan sangat baik dalam film. Hal tersebut dimulai saat mereka mengungkapkan rasa kagum saat melihat pemandangan sekitar, tepatnya saat mereka memandang puncak tertinggi Jawa yaitu Gunung Semeru atau Mahameru.

A. Seputar Film 5 Cm

Film 5 cm mengangkat tema keindahan alam di salah satu wilayah Indonesia yang disajikan bersamaan dengan kisah persahabatan dan percintaan beberapa tokoh dalam film. Kondisi alam dan masyarakat Indonesia menjadi salah satu pendukung berkembangnya perfilman di Indonesia (Teguh Priyo Sadono, 2015). Keindahan pemandangan Indonesia menjadi daya tarik tersendiri di beberapa film yang ada, terutama film 5 cm ini. Dalam film ini disajikan pemandangan berupa gunung tertinggi yang ada di Jawa. 

Mahameru merupakan puncak dari Gunung Semeru yang terletak di Jawa dengan ketinggian 3676 m dpl (Deden Wahyudin, 2010). Letaknya di antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru memiliki beberapa titik yang biasanya menjadi tempat pemberhentian setiap pendaki dengan keindahan yang disajikan oleh alam. Dalam film 5 cm ini disajikan beberapa keindahan alam Gunung Semeru yang dapat memanjakan mata penikmat film.

Film yang dirilis pada 12 Desember 2012 ini menjadi film terlaris kedua pada tahun 2012. Selain itu, di tahun berikutnya yaitu 2013, film ini memenangkan Festival Film Indonesia (FFI) mengalahkan beberapa film lainnya yang hadir di tahun yang sama. Novel yang merupakan adaptasi dari film ini dengan judul "5 Cm" laris di pasaran dan dicetak ulang sebanyak 25 kali. Namun, salah seorang pemain film ini yaitu Herjunot Ali mengaku pernah membaca novel tersebut dan baru mengetahuinya dari produser film tersebut ( https://m.detik.com ).

B. Identitas Film

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x