Mohon tunggu...
Dewi Lestari
Dewi Lestari Mohon Tunggu... Ingin Belajar dan Terus Belajar

Semangat Bismillah...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sebuah Perasaan yang Muncul karena Neurotransmitter Bekerja

28 Februari 2021   21:29 Diperbarui: 28 Februari 2021   23:00 55 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebuah Perasaan yang Muncul karena Neurotransmitter Bekerja
https://www.livewelldfw.com/images/neuro1.jpg

Dalam fikiran saya ketika menuliskan judul tersebut geli rasanya... hehehehe... sampai-sampai bawa perasaan segala. Sebenarnya banyak pertanyaan muncul ketika membuat judul tersebut. Padahal masih judul kaaan.... Tapi itulah bagaimana otak berfikir, merangsang kejadian dan diolah oleh bagian-bagian terpenting dalam otak kita.

Sistem saraf utama manusia adalah otak, sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa manusia di karuniai otak berfikir yang tentunya dalam hal kebaikan.

Next... kali ini saya akan menuliskan sebuah tulisan yang sangat penting untuk diketahui semua kalangan. Yaaaaap... benar sekali , sesuai judul yang saya tuliskan diatas. Pernahkah diantara kalian mendengar isitilah neurotransmitter? Mungkin dari beberapa pembaca tulisan saya ini pasti pernah mendengarnya. Jika belum... maka tepat sekali, siapapun Anda yang membaca ini... hari ini adalah hari keberuntungan yang memberikan manfaat... Aamiin....

Perlu diketahui bahwa neurotransmitter ialah sebuah senyawa kimia yang bertugas mengantarkan neuron ke neuron yang akan dituju. Adapun penjelasan yang ilmiah dalam buku Psikologi Kognitif oleh Robert. L. Solso yang menjelaskan mengenai neurotransmitter adalah informasi kimiawi yang dipertukarkan dari neuron satu ke neuron lain dalam bentuk senyawa kimia.

Di dalamneurotransmitterada beberapa jenis-jenisnya yang pertama yaitu Neurotransmitter Eksitasi (excitatory)

Neurotransmitter eksitasi bekerja sebagai penerima hasil tembakan impuls . Contoh dari Neurotransmitter Eksitasi adalah epinerphrin dan norepinephrine

Yang kedua ialah Neurotransmitter Ihibisi (inhibitory)

Neurotransmitter ihibisi adalah penghalang aktivitas neuron. Contoh dari neurotransmitter ini adalah dopamin dan asetilkolin.

Yang ketiga Neurotransmitter Modulator

Neurotransmitter Modulator juga bisa disebut dengan neuromodulator yang dapat mempengaruhi neuron dalam jumlah besar pada satu waktu. Tidak hanya itu bahwa neurotransmitter modulator juga dapat berkomunikasi dengan neurotransmitter lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x