Mohon tunggu...
Dewi Fitria
Dewi Fitria Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

PR dalam Dunia Baru (Cyber PR)

7 November 2016   21:44 Diperbarui: 7 November 2016   21:49 7559
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Teknologi adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi pada jaman sekarang ini teknologi merupakan hal yang sangat penting. Perkembangan teknologi begitu pesat khususnya teknologi internet, hal itu membuat banyak praktisi-praktisi yang memanfaatkannya dalam menjalankan tugas dan aktivitas, seperti salah satunya adalah praktisi Public Relations (PR). 

Dengan memanfaatkan teknologi seorang PR melakukan aktivitasnya melalui media dan teknologi komunikasi serta jaringan komputer yang disebut dengan istilah Cyber Public Relations (Cyber PR) atau disebut juga PR 2.0. Sebelum dikenal istilah Cyber PR atau PR 2.0 lebih dahulu PR disebut dengan istilah PR Konvensional atau PR 1.0.

PR konvensional atau PR 1.0 adalah kegiatan PR yang masih menggunakan cara lama, yaitu masih membutuhkan jurnalis atau media sebagai pemyampai pesan. Untuk itu, seorang PR harus menjalin hubungan yang baik dengan media. Kegiatan PR konvensional dilakukan secara langsung dengan bertatap muka dan tidak menggunakan media internet. 

Hal ini memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit serta waktu yang digunakan juga terbatas, misalnya saja ketika seorang PR harus menggelar konferensi pers ketika sebuah perusahaan yang diwakilinya mendapatkan isu negatif, maka ia harus menghubungi para wartawan terlebih dahulu dan pastinya juga membutuhkan biaya yang tidak murah. Akhirnya PR memanfaatkan perkembangan teknologi khususnya teknologi internet untuk memberi kemudahan dalam menjalankan aktivitasnya, yang kini dikenal dengan Cyber PR atau PR 2.0.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Cyber Public Relations, terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai pengertiannya.

Dikutip dari Wikipedia, Humas dunia maya dalam bahasa Inggris: Cyber Public Relation, terkenal dengan singkatan Cyber PR adalah hubungan masyarakat (public relation atau PR) yang dilakukan dengan sarana media elektronik internet dalam membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan/organisasi kepada public/khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif. 

Cyber PR adalah cara kerja Humas (Hubungan masyarakat) secara online, humas melakukan pekerjasan dengan menggunakan jaringan internet sebagai media bekerja, perkembang teknologi informasi membawa humas pemerintah maupun organisasi dan perusahaan, lewat Cyber PR penyebarluasan berita atau informasi melalui media sosial dan jejaring sosial juga lewat website dapat meningkatkan hubungan yang lebih baik antara humas dan khalayaknya, sehingga informasi yang diberikan lebih cepat sampai dan dapat dilakukan di mana saja, tanpa ada batas ruang.

Prinsip Cyber PR

Internet telah mengubah praktik publik relations dalam menggunakan media dan berinteraksi Internet membuat terciptanya publik aktif yang ikut membentuk pemberitaan dalam media Apakah yang telah dianggap baik dalam media konvensional, dominasi sedikit jaringan dan reporter/jurnalis telah berganti, karena informasi bisa diakses langsung oleh konsumen/khalayak.

Salah satu tugas seorang PR adalah meningkatkan reputasi, Ada beberapa aktivitas cyber-PR yang bisa dilakukan untuk memperkuat reputasi. Pertama, membuat website sehingga target audience Anda bisa memperoleh informasi sesuai keinginan mereka. Kedua, membuat media kit online. Ketiga, mengirimkan informasi secara reguler ke media dan juga pelanggan. Keempat, mengaitkan bisnis Anda dengan topik-topik actual sehingga memudahkan pelanggan menemukan produk atau jasa Anda. Kelima, dalam kondisi krisis atau ada masalah, perlu menciptakan akses informasi yang lebih cepat dari biasanya. Keenam, bergabung dengan kelompok diskusi online sehingga bisa memantau reputasi brand dan target potensial pasar Anda. Ketujuh, membuat promosi online dan even yang bisa memberikan dimensi baru bagi pemasaran. Terakhir, membangun hubungan yang baik dengan semua pemangku kepentingan. (Widodo, 2009)

Dalam kegiatannya di internet PR menggunakan beberapa sarana prasarana yang ada, antara lain email, mailing list, yahoo messager, website, news group, maupun jejaring sosial. Bahkan jejaring sosial menjadi sarana populer dan cukup diperhitungkan keefektifannya di masa sekarang. Misalnya saja jejaring sosial facebook, ada dua fasilitas yang dapat dipergunakan dalam jejaring ini, diantaranya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun