Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Di Warung Kelontong Kutemukan Jajanan Murah, Roti Gepeng Dua Ribuan Juga Enak

1 Desember 2022   23:52 Diperbarui: 2 Desember 2022   00:07 936
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Di warung kelontong dekat rumah dijual roti gepeng murah enak (sumber gambar: kaltim.prokal.co/)

Jajan camilan dengan uang lima ribu rupiah dapat apa? Bergantung tempat belinya sih. Kalau di toko kelontong di dekat pos satpam, dengan uang lima ribu, aku bisa mendapatkan roti, snack stick keju dan jagung bakar, juga wafer. Pilihannya lumayan banyak, tinggal pilih yang disuka. 

Ya, di warung kelontong dekat rumah jajanannya murah-murah. Snack stick harganya lima ratus perak. Wafer juga ada yang seribuan. Roti-roti pun rata-rata dua ribu rupiah, murah bukan?! Pilihannya bervariasi, ada roti gepeng rasa kacang ijo, cokelat, dan kelapa. Juga roti dengan rupa dan rasa lainnya. Aku paling suka roti gepeng rasa kacang ijo. Rotinya padat, isian kacang hijaunya banyak,dan cukup mengenyangkan. Sayangnya varian ini cepat habis. 

Camilan-camilan murah meriah di toko kelontong ini juga termasuk aneka kerupuk. Juga tinggal pilih sesuai selera dan harga. Harga dua ribu rupiah juga ada. Kerupuk putih bundar juga tersedia. Sering kali aku juga jajan kerupuk, buat teman makan mie instan atau makan nasi goreng. Ada kalanya kusantap langsung kriuk kriuk buat teman nonton. Suaranya yang khas jadi memecah kesunyian. 

Memang tidak setiap hari aku jajan. Biasanya aku suka jajan usai pulang dari nonton bioskop. Agar hemat aku jarang jajan saat nonton, uangnya bisa buat jajan di warung. Karena jajan-jajan tersebut banyak disukai anak-anak, aku pun biasanya antri menggerombol bersama anak-anak. Wah mereka jauh lebih lama jika urusan pilih-pilih jajan. Pemilik warung harus sangat sabar melayani. 

Jumlah warung kelontong ini makin banyak jika aku jalan kaki ke luar kompleks. Sepanjang jalan menuju tempat mengirim paket langgananku, ada lebih dari tiga warung kelontong, jaraknya cukup berdekatan dan ada yang berhadapan. Aku tak tahu bagaimana mereka menarik pembeli dan bisa bersaing dengan minimarket yang lokasinya juga tidak jauh dari tempat usaha mereka. 

Ada kalanya aku berbagi rejeki. Sesekali berbelanja di warung kelontong A, B, C, dan lainnya. Ada warung kelontong yang menarik pembeli dengan juga menyediakan es krim murah meriah, ada juga yang juga menjual sayuran dan bumbu-bumbu dapur. Di warung kelontong lainnya juga dijual aneka parfum murah. 

Ehm gara-gara nulis ini, aku tiba-tiba ingin menyantap roti gepeng kacang ijo dan makan snack stick jagung bakar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun