Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

FFI 2021 Ada Kategori Terfavorit Lho, Ikut Vote Yuk!

2 September 2021   23:30 Diperbarui: 2 September 2021   23:33 743 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
FFI 2021 Ada Kategori Terfavorit Lho, Ikut Vote Yuk!
Masyarakat umum bisa memilih film, aktor, dan aktris jagoannya di kategori terfavorit | sumber gambar: suara.com 


Ada yang baru di hajatan Festival Film Indonesia (FFI) 2021. FFI kembali memiliki kategori terfavorit. Ada tiga kategori hal mana masyarakat dapat memilih idolanya sebagai terfavorit. Ketiga kategori tersebut adalah film favorit, aktor favorit, dan aktris favorit.

Masyarakat umum dapat memberikan suara pada laman Festival Film Indonesia yang beralamat di festivalfilm.id. Film-film yang bisa dipilih jadi favorit adalah film yang tayang sejak 1 Oktober hingga 31 Agustus 2021. Begitu juga dengan aktor dan aktrisnya. Mereka adalah pemain film yang filmnya juga tayang pada durasi waktu tersebut. 

Tentang kategori terfavorit sendiri bisa jadi ada pro dan kontra. Yang kontra bisa jadi menganggap pemilihan terfavorit bisa jadi karena popularitas, bukan karena penampilan atau film tersebut terbaik. Namun bagiku anggap saja kategori ini adalah bonus untuk menunjukkan film dan pemain film yang banyak pendukungnya.

Tentang FFI 2021 ini tema yang diangkat adalah "Sejarah Film dan Media Baru" dan subtemanya "Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia". Melihat tema FFI ini sesuai dengan kondisi perfilman Indonesia saat ini. Karena adanya pandemi, maka banyak film Indonesia yang batal tayang di bioskop dan kemudian diputar di berbagai platform OTT.

Kategori anyar ini bisa tuai pro dan kontra | sumber gambar: Instagram.com/festivalfilmid
Kategori anyar ini bisa tuai pro dan kontra | sumber gambar: Instagram.com/festivalfilmid

Sebagai ketua komite FFI yang memasuki tahun ke-41 yaitu Reza Rahadian dengan bidang penjurian dipimpin oleh Garin Nugroho. Nantinya gelaran FFI 2021 akan dihelat pada 10 November 2021. Sengaja dipilih momennya Hari Pahlawan karena tahun ini memasuki 100 tahun Usmar Ismail. Diharapkan pada momen ini Usmar Ismail sebagai Bapak Film Indonesia dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Omong-omong tentang FFI, dari daftar film yang terdaftar di FFI 2021, ada 104 film cerita panjang dan film dokumenter panjang. Dari keseluruhan film panjang tersebut akan dikerucutkan menjadi 30 film sebelum kemudian disaring lagi menjadi 10 dan lima film yang masuk nominasi FFI. Pengumuman nominasi FFI 2021 direncanakan diadakan pada 10 Oktober 2021.

Hari ini sudah diumumkan 30 film cerita panjang yang lolos tahap seleksi awal. Ketiga puluh film tersebut di antaranya "A Perfect Fit", "Affliction", Ali & Ratu-Ratu Queens", "Jakarta vs Everybody", "Paranoia", "Penyalin Cahaya", "Quarantine Tales", "Serigala Langit", "Tarian Lengger Maut", "Yuni", "Tersanjung The Movie", dan "Surga yang Tak Dirindukan 3".

Jika melihat daftar filmnya ada beberapa yang belum tayang di Indonesia, namun sudah melalang buana ke berbagai festival mancanegara. "Paranoia" yang dibintangi Nicholas Saputra, misalnya. Jika melihat pengalaman penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut tak masalah.

Tahun ini dutaFFI adalah bintang muda berbakat yaitu Angga Yunanda,Prilly Latuconsina, Jefri Nichol, dan Tissa Biani| sumber gambar:Instagram.com/festivalfilmid
Tahun ini dutaFFI adalah bintang muda berbakat yaitu Angga Yunanda,Prilly Latuconsina, Jefri Nichol, dan Tissa Biani| sumber gambar:Instagram.com/festivalfilmid

Nah, apabila kalian sudah memiliki jagoan film, aktor, dan aktris, maka segera berikan suara ke mereka. Siapa tahu jagoan kalian jadi terfavorit.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan