Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Eminem dan Skylar Grey, Kolaborasi Rap dan Pop yang Harmonis

8 November 2020   17:31 Diperbarui: 1 Desember 2020   23:45 67 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Eminem dan Skylar Grey, Kolaborasi Rap dan Pop yang Harmonis
Skylar Grey dan Eminem yang sekarang berkolaborasi (sumber gambar: MTV.com)

Skylar Grey lebih dikenal sebagai penulis lagu sebelum kemudian ia memberanikan diri bersolo karir dan sukses. Sedangkan Eminem sejak dulu dikenal sebagai rapper berkulit putih yang banyak memiliki tembang-tembang hits. Bagaimana bila keduanya berkolaborasi?

Eminem yang memiliki nama asli Marshall Bruce Mathers III beberapa kali berkolaborasi dengan para penyanyi dan menghasilkan sejumlah tembang populer. Duet pertamanya dengan Dido adalah "Stan" yang membuat lagu yang awalnya agak datar menjadi memiliki irama yang lebih dinamis dan bercerita. Lagu ini mencuatkan nama keduanya. Album ketiga Eminem pun sukses besar.

Duet berikutnya bersama Dr. Dre yang merupakan mentor dan produsernya dengan "Old Time's Shake" dan "Crack Botttle" (dengan 50 Cent juga). Kolaborasinya dengan Rihanna dengan lagu "Love The Way You Lie" (2010). Lagu ini sukses besar dan makin mengangkat nama Rihanna. Mereka kembali berduet dengan "The Monster" pada tahun 2013.

Duet lainnya yang menarik adalah kolaborasinya dengan Bruno Mars dalam "Lighters" (2011). Kolaborasi ini berhasil meski relatif kurang dikenal. Eminem lalu juga berduet dengan Sia dalam "Beautiful Pain" dan "Guts Over Fear".

Ia juga berkolaborasi dengan Ed Sheeran dalam "River" (2017) dan "Those Kinda Nights" (2020). Duet lainnya dengan Kendrick Lamar dalam "Love Game"; Beyonce dengan "Walk in Water"; Alicia Keys dalam "Like Home"; dan Pink dalam "Need Me".

Delapan Tembang Asyik Bersama Skylar Grey
Terhitung ada delapan tembang Eminem hasil kolaborasinya dengan Skylar Grey. Belum terhitung berapa kali mereka berduet di atas panggung. Warna vokal Skylar yang pop angelik pas harmonis dengan rap dinamis dari angry blonde si Eminem.

Skylar sering diajak manggung Eminem (dok. Eminem.news)
Skylar sering diajak manggung Eminem (dok. Eminem.news)
Skylar Grey namanya mulai dikenal ketika membawakan tembang soundtrack "Aquaman" dengan "Everything I Need". Suaranya yang jernih tinggi menjadi ciri khas. Lagu cover "Stand by Me" yang dibawakannya juga menarik disimak.

Rupanya penyanyi bernama asli Holly Brook Hafermann ini bukan nama baru di dunia musik. Ia dulu pernah menjadi penyanyi folk bersama ibunya, kemudian menjadi penulis lagu, dan penyanyi latar. Karirnya mulai bersinar ketika ia berkolaborasi dengan Eminem, membuatkan lagu "Love The Way You Lie".

Aku baru benar-benar memerhatikan duet Skylar Grey bersama Eminem ketika tampil di BBC membawakan "Love The Way You Lie" versinya. Lagu ini menjadi lebih lembut dan lebih sentimentil. Liriknya yang sedih lebih tersampaikan. Aku suka sekali versi ini.

Baru kemudian aku memerhatikan kerja sama Eminem dan Skylar ini sudah lama. Mereka sudah bernyanyi bersama sejak tahun 2011. Sudah ada delapan tembang kolaborasi keduanya.

Lagu berikutnya juga makin membuatku jatuh hati dengan duet mereka. Lagu lawas sih dan baru tahu jika ada Skylar di sini. Eh mereka nyanyi bertiga sih, dengan mentor mereka, Dr. Dre. Tembang tersebut adalah "I Need a Doctor" yang dirilis tahun 2011. Ini lagu yang masih sering kudengar hingga saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x