Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

"The Shawsank Redemption" dan Dua Film Ini Membagikan Pesan Solidaritas

9 Mei 2020   22:53 Diperbarui: 9 Mei 2020   22:48 625 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The Shawsank Redemption" dan Dua Film Ini Membagikan Pesan Solidaritas
Setelah lama murung karena dipenjara meski tak bersalah, Andy bisa tersenyum lagi setelah memiliki kawan bernama Red (gambar dari IMDb)

Andy Dufresne tidak bersalah. Ia korban salah tuduhan. Ia merasakan pukulan yang sangat besar dalam hidupnya. Istri yang disayanginya tewas dan ia masuk penjara karena alibinya dianggap tidak kuat. Awal-awal masuk penjara ia merasa frustasi, hingga ia bertemu dengan Ellis Redding alias Red. Pria paruh baya itu berbeda ras dengannya. Ia merasa kasihan dengan Andy dan memeringatkannya akan berbagai ancaman di dalam kompleks penjara.

Andy yang pemurung sejak bersahabat dengan Red merasa lebih baik. Red mengingatkannya untuk berpegang pada harapan, meski Andy merasa tak ada jalan keluar baginya dengan vonis hukuman seumur hidup yang diterimanya.

Mantan akuntan ini kemudian mulai berteman dengan penjaga perpustakaan yang juga seorang napi tahanan. Andy kemudian membantu kepala sipir untuk mengelola keuangannya. Sebagai wujud solidaritasnya ke teman-teman sesama napi ia pun meminta hadiah yang bisa dinikmati bersama-sama dari kepala sipir tersebut.

Kisah Andy dan Red dalam "The Shawshank Redemption" menggambarkan persahabatan beda ras. Hidup dalam serba keterbatasan membuat Andy dan rekan-rekan napi lainnya merasa satu rasa, senasib dan sepenanggungan. Tidak semua napi itu sepenuhnya jahat, tapi juga tidak sedikit yang memang benar-benar kejam.

Pesan humanis dan solidaritas dalam film ini kental. Ada begitu banyak hal berkesan dalam film ini dari akting kedua pemerannya, Tim Robbins dan Morgan Freeman yang oke, skoringnya yang indah dan pas, dan juga jalinan ceritanya yang menyentuh. Harapan adalah sesuatu yang indah dan jangan dibiarkan untuk padam.

Andy tetap menyimpan harapannya untuk suatu ketika merdeka. Selama menunggu ia pun mulai merangkul para napi dengan sifatnya yang penuh solidaritas (sumber gambar: IMDb)
Andy tetap menyimpan harapannya untuk suatu ketika merdeka. Selama menunggu ia pun mulai merangkul para napi dengan sifatnya yang penuh solidaritas (sumber gambar: IMDb)
Apa Sebenarnya Solidaritas?

"The Shawshank Redemption" hanyalah satu dari sekian banyak film bertemakan solidaritas. Apa sebenarnya solidaritas?

Solidaritas bisa dimaknai sebagai perasaan satu jiwa, senasib sepenanggungan. Solidaritas juga bisa dimaknai rasa setia kawan dan persahabatan tanpa sekat, tanpa membedakan suku, agama, dan sebagainya. Makna solidaritas lainnya adalah dukungan seseorang atau sebuah kelompok ke pihak lainnya karena memiliki perasaan dan pendapat yang sama. Misalnya kita berada dalam kondisi sama-sama sedang dijajah oleh negara lain, sama-sama sedang berjuang untuk lulus, sama-sama perempuan, sesama perantauan, dan sebagainya.

Selain "The Shawshank Redemption", ada sekian banyak film yang kental akan pesan solidaritas. Dari sekian tersebut akan kupilih dua film lainnya yang menurutku begitu berkesan. Yakni, "The Flowers of War" dan "Bumi Manusia".

"The Flowers of War", Solidaritas Kaum Perempuan

Perempuan yang terlibat prostitusi tidak sepenuhnya buruk. Bisa jadi ada alasan lain yang membuat mereka kemudian menyandang profesi seperti itu. Dan mereka juga bisa menjadi penolong sesama perempuan yang berbeda nasib, karena sama-sama takut akan kekejaman Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN