Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Jajan Seafood di Bontang, Berkenalan dengan Sambal Gami yang Sedap

10 April 2019   14:49 Diperbarui: 13 April 2019   13:32 314 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jajan Seafood di Bontang, Berkenalan dengan Sambal Gami yang Sedap
Kepiting dengan bumbu tomat panggang seperti apa ya rasanya?(dokpri)

Bepergian ke suatu daerah rasanya kurang mantap apabila tidak mencoba masakan populernya. Kalimantan terkenal akan kekayaan hasil laut, sehingga rasanya 'wajib' untuk mencobai masakan seafood-nya. Apalagi Bontang, yang masuk kawasan Kalimantan Timur, juga punya bumbu yang khas untuk masakannya. Namanya gami atau sambal gami.

Petang hari ketika baru tiba dari perjalanan darat Samarinda-Bontang, atasanku mengajak kami jajan seafood. Alasannya untuk mempersiapkan energi sebelum kami bekerja beberapa hari ke depan. 

Sebenarnya aku ingin rebahan sebentar setelah perjalanan hampir tiga jam yang berkelok-kelok. Tapi tawaran makan seafood memang susah ditampik. Apalagi jika ditraktir hihihi.

Maka jadilah kami bertiga menuju sebuah pasar sederhana yang jika malam hari menjadi salah satu pusat bersantap seafood. Tiga kawan lainnya yang awalnya ogah-ogahan, kemudian menyusul, apalagi setelah kami membagikan foto aneka ikan dan juga kepiting.

Ada beberapa kedai makanan sederhana di sana dengan deretan kursi plastik. Kami memilih yang bernama Agnes karena mereka yang menawari kami terlebih dahulu.

Pasar darurat ini jika malam berubah menjadi tempat makan seafood (dokpri)
Pasar darurat ini jika malam berubah menjadi tempat makan seafood (dokpri)

Ada banyak ikan dan hewan laut yang dipamerkan. Mereka nampak segar dan menggoda. Kami memilih ikan baronang, udang galah, cumi-cumi, dan kepiting. Kemudian aku kecewa karena saat itu tidak memilih bawis, ikan populer yang konon hanya ada di Bontang. Tapi untunglah besoknya aku bisa mencobanya.

Atraksi memasak seafood juga menarik untuk diperhatikan. Ikan yang sudah dibersihkan kemudian dibelah dua dan diletakkan di panggangan. Setiap beberapa saat si penjual mengoleskan bumbu kuning ke daging si ikan. Harumnya semerbak.

Mau ikan atau kepiting?(dokpri)
Mau ikan atau kepiting?(dokpri)

Dibakar dulu (dokpri)
Dibakar dulu (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN