Mohon tunggu...
Dewi AnggitaMilenia
Dewi AnggitaMilenia Mohon Tunggu... Desainer - Mahasiswa Univeristas PGRI Wiranegara

KKN-DR

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Repackaging Produk Olahan Kupang sebagai Branding Desa Sungi Kulon oleh Tim KKN-DR UNIWARA 2021

9 Agustus 2021   14:09 Diperbarui: 9 Agustus 2021   15:17 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Sungi Kulon merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan.  Desa Sungi Kulon ini salah satu desa yang memiliki beberapa potensi yakni pertanian, mebel, dan home industri.


Dalam beberapa potensi yang dimiliki oleh desa Sungi Kulon kami sebagai Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 4 yang beranggotakan Anggita, Nadia, Aqiella, dan Arisa memutuskan untuk mengambil potensi home industri sebagai fokus program kerja. 

Home industri  yang dimiliki dan menjadi unggulan desa Sungi Kulon yang tepatnya berada di RT 03 RW 02  ini adalah produksi kupang. Namun dari sekian warga yang ada di desa tersebut  tidak semua mengolah dan memproduksi kupangnya, ada juga warga yang sebagai pengolah petisnya.  

Pengolahan kupang di desa Sungi Kulon ini tidak hanya diolah menjadi kupang seperti biasanya (kupang lontong), tetapi bisa juga diolah menjadi kerupuk kupang dan pepesan kupang. 

Selain dijadikan tiga olahan tersebut, kami sebagai mahasiswa yang melakukan KKN di desa ini selain ingin membantu perekonomian dan pemberdayaan masyarakat juga ingin melakukan kerjasama dengan salah satu kampung yang ada disana yakni RT05 RW03 dengan menggandeng Ibu PKK untuk membuat inovasi baru yakni menciptakan produk baru dan sekaligus membuat kemasan baru untuk menarik perhatian konsumen. 

Dimana kampung satu sebagai pemasok kupang dan satu kampung lainnya sebagai pembuat produk baru tersebut. Adapun inovasi produk baru merupakan membuat nugget dengan berbahan dasar kupang (nugget kupang).

Dengan adanya produk baru tersebut tentu tidak lupa untuk membuat logo sebagai label brand produk baru tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat luar dan tentunya dapat menarik perhatian konsumen. 

Pembuatan packaging baru yang lebih menarik ini tentu bisa menjadikan produk tersebut lebih laku dibanding kemasan sebelumnya yang hanya dikemas dengan bahan plastik biasa. Hasil dari repackaging produk mampu menghasilkan perubahan terhadap harga produk sehingga bisa mendapatkan pendapatan yang lebih baik dibanding packaging sebelumnya.

Tujuan pembuatan label/ kemasan baru ini sebagai media publikasi guna mempromosikan potensi dan produk yang dimiliki oleh Desa Sungi Kulon, terutama dengan produk baru. Pembaruan label/ kemasan baru ini juga sebagai branding atau sebagai media pengenalan Desa Sungi Kulon guna menarik pengunjung atau masayarakat luar desa untuk menikmati produk-produk lokal Desa Sungi Kulon.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun