Mohon tunggu...
Dewi Masitoh
Dewi Masitoh Mohon Tunggu... Lainnya - Guru

Hobi saya memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menggunakan Metode STAR Materi Adat Tradisi Mantu

10 Desember 2022   09:43 Diperbarui: 11 Desember 2022   17:53 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dewi Masitoh

09 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Proses belajar bukanlah sebuah proses instan. Hasil belajar peserta didik tidak dapat dilihat dalam sekejap mata. Dalam proses pembelajaran, tentunya Guru akan menemukan peserta didik yang mengalami kendala dalam belajar atau peserta didik tidak memahami materi pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah;

  • Peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran.
  • Peserta didik terlihat tidak termotivasi saat pembelajaran materi.
  • Peserta didik kesulitan mengerjakan soal evaluasi materi.
  • Guru belum menerapkan model-model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi  belajar siswa.
  • Guru belum menggunakan media pembelajaran berbasis IT yang menarik perhatian siswa

Beberapa hal tersebut di atas menjadi penyebab latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang telah dilakukan. Sehingga praktik pembelajaran menggunakan model dan media pembelajaran yang interaktif dianggap penting dilaksanakan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik yang rendah.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini sangat penting dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Bahasa Jawa. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam kegiatan pembelajaran, meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang sulit dipahami, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Media berbasis IT yang disusun guru juga dapat menarik perhatian siswa.

sehingga motivasi belajar meningkat sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru. Selain itu, metode-metode pembelajaran yang diterapkan guru dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran.

Peran dan tanggung jawab dalam kegiatan PPL ini adalah sebagai berikut.

  • Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran bahasa Jawa yang terjadi di sekolah
  • Menentukan penyebab masalah dari setiap permasalahan yang diidentifikasi.
  • Menentukan permasalahan yang akan diselesaikan.
  • Mengidentifikasi alternatif solusi dari setiap permasalahan.
  • Menentukan solusi yang paling relevan untuk dilakukan tindak lanjut dalam kegiatan  praktik.
  • Guru bertanggungjawab untuk menyusun rencana proses pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan cara menerapkan model, media, dan metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pembelajaran bahasa Jawa.
  • Guru menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu memberikan bimbingan dan pengarahan tentang jalannya proses diskusi, pemecahan masalah, dan penyelesaian tugas atau tagihan dalam penilaian.
  • Guru melakukan refleksi setelah melaksanakan proses pembelajaran.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun