Mohon tunggu...
DEWI FATMAWATI
DEWI FATMAWATI Mohon Tunggu... Guru - GURU

BEKERJA SEBAGAI GURU ADALAHPILIHAN DARI BEBERAPA ORANG YANG MEMPUNYAI TUJUAN BERBEDA, TERLEBIH UNTUK GURU SWASTA, DENGAN IKHLAS TANPA TANDA JASA MEMANG MASIH ADA SAMPAI SAAT INI, TETAPI KENAPA MASIH BERTAHAN, KARENA HATI INI BUKAN MEMINTA UANG TETAPI BEKERJA DENGAN MENCARI REJEKI YANG BERKAH ADALAH TUJUAN PARA GURU.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Boneka Tangan untuk Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anak

5 November 2022   08:30 Diperbarui: 5 November 2022   08:32 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANAK?

NAH.. YUK COBA GUNAKAN DENGAN BONEKA TANGAN..!

Media Boneka Tangan adalah boneka yang dijadikan alat bantu pembelajaran yang terbuat dari potongan kain, dengan menggunakan media boneka tangan akan membantu perkembangan anak dalam segi bahasa ketika anak mencoba menggunakan media boneka tangan kemudian dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak.

Kelebihan dan Kekurangan Media Boneka Tangan

 Kelebihan media Boneka Tangan

a. Umumnya anak menyukai boneka, dengan menggunakan media boneka tangan maka akan lebih menarik perhatian dan minat anak terhadap kegiatan pembelajaran.

b. Membantu mengembangkan emosi anak, anak dapat mengekspresikan emosi dan kekhawatirannya melalui boneka tangan tanpa merasa takut ditertawakan dan diolok-olok teman.

c. Membantu anak untuk membedakan fantasi dan realita.

Kekurangan Boneka Tangan

a. Guru harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan media boneka tangan, kreasi gerakan, mimik, suara, dan kegiatan kelasnya.

b. Keragaman siswa merupakan kendala lain karena guru harus memahami mereka secara individual. c. Dapat membedakan antara suara boneka satu dengan boneka yang lainnya .

C. Langkah-langkah Menggunakan media Boneka tangan dengan

a. Tempat penyimpanan boneka tangan harus ada

b. Keluar atau masuknya boneka harus diperhatikan

c. Jumlah boneka yang main harus sudah disiapkan

d. Jarak boneka tidak terlalu dekat dengan mulut pencerita.

e. Kedua tangan harus lentur dalam memainkan boneka, ada kalanya melakukan geraka-gerakan secara bersamaan ( karena sedang angkat bicara) ada kalanya diam (karena menunggu giliran bicara).

f. Antara gerakan boneka dengan suara tokoh harus sinkron, untuk itu guru harus hafal karakter suara dan sifat masing-masing tokoh boneka.

g. Lakukan improvisasi melalui tokoh dengan melakukan interaksi langsung dengan anak.

h. Sesekali, apabila cerita tidak dilakukan di panggung boneka, dekatkan boneka tangan pada anak yang tampak terpesona atau sebaliknya.

i. Tutup cerita dengan membuat simpulan dan ajukan pertanyaan cerita yang berfungsi latihan bagi siswa, hasil ini sekaligus dapat berfungsi sebagai masukan bagi guru tentang kemampuan pemahaman siswa.

D. Manfaat Boneka Tangan yaitu meliputi sebagai berikut :

a. Melatih komunikasi anak.

b. Mengasah daya imajinasi.

c. Meningkatkan motorik.

d. Anak menjadi lebih konsentrasi.

e. Membantu anak dapat bersosialisasi.


Terimakasih semuanya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun