Mohon tunggu...
Dewangga Surya
Dewangga Surya Mohon Tunggu... Lainnya - Just The way you're

Hai perkenalkan dan panggil saya Dewa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bagaimana UMKM Bisa Bertahan di Industri 4.0?

16 April 2020   17:30 Diperbarui: 16 April 2020   17:31 1044 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar oleh maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-umkm

Dilansir dari goukm.id , salah satu cara Dalam menghadapi industri 4.0 para pelaku UKM harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar tidak tertinggal. Pelaku UKM diharuskan memahami teknologi setidaknya untuk mempertahankan usahanya, jika tidak mampu bersing, kemungkinan gukung tikar sangat besar. Jadi untuk bisa bertahan di Industri 4.0 ini adalah dengan beradaptasi yaitu salah satu cara konkritnya adalah mengintegrasikan kegiatan bisnis dengan Teknologi .

Memahami teknologi adalah langkah awal bagi pelaku UMKM dalam menghadapi persaingan di Industri 4.0. Pelaku UMKM dituntut untuk mempelajari atau paling tidak membaca berita dan artikel terkait dengan perkembangan teknologi setiap harinya. Fungsinya adalah sebagai literasi Digital dan suatu saat bisa menjadi strategi untuk penunjang bisnis.

Strategi untuk penunjang bisnis tersebut merupakan salah satu upaya menghadapi era revolusi industri 4.0, yaitu bagaimana cara kita dalam memahami teknologi. Kita diharuskan untuk memahami dan beradaptasi karena dasar dalam persaingan era ini adalah pemahaman teknologi.

Paralel memahami teknologi , upaya selanjutnya adalah Meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing dalam arti produk tersebut menarik dan sesuai dengan permintaan pasar. Kebutuhan review para customer adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik, baik dari segi kualitas produk dan sesuai dengan permintaan pasar.

Terima kasih

Salam

~Penulis~

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan