Mohon tunggu...
Devi Pradini
Devi Pradini Mohon Tunggu... Freelancer - Pengrajin kertas

Hai,salam kenal aku Devi. Aku mempunyai beberapa hobi diantaranya bermain kertas (paper arts),membuat stop motion, pecinta drama Korea,suka nulis diary.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Nggak Takut Lagi Saat Menstruasi Datang

12 Juni 2023   12:30 Diperbarui: 28 Februari 2024   08:46 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://healthevolved.co/wp-content/uploads/2022/09/10-2-e1662242074122.png

Assalamualaikum...salam kenal. Aku Devi. Selamat datang di diaryku.

Sebelum lanjut buat curcol...hehehe. Pertama-tama aku ingin bertanya kepada kalian para wanita,siapa yang disini sering banget sakit tak tertahankan menjelang datang bulan? Bahkan sampai nggak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Dan kalian jadi takut banget saat menghadapai menstruasi untuk bulan berikutnya. Kalau kalian sering mengalami kondisi tersebut,tenang kamu nggak sendirian kok. Aku juga sama. Merasakan apa yang kalian rasakan.

Setiap menstruasi apalagi hari pertama,keluargaku pasti cemas banget,terkhusus mamaku. Kalau aku udah bilang,"Ma aku datang bulan",mama langsung menyerbuku dengan seribu pertanyaan. Seperti "Sakit nggak perutnya?","Pusing ngga?","Mual?","Udah naro air hangat ke dalam botol?","Jangan sakit lah mba","Masih bisa nahan kan?",kalo yang ini kayaknya emang udah cape banget ngeliat aku sakit terus kalo menstruasi. Ya,aku memaklumi juga sih. Mama udah repot ngurusin laundryan ditambah ngurusin aku...hehehe.

Selama berbulan-bulan aku mengalami rasa sakit akibat menstruasi dan itu membuatku frustasi dan marah. Semua rencana yang sudah aku susun di hari sebelumnya menjadi berantakan. Hatiku dongkol. Coba,aja kalau nggak sakit pasti aku bisa punya waktu lebih buat belajar,nglanjutin kerajinan,nggak ngrepotin mama sama bapak. Kenapa sih kalau menstruasi aku pasti begini. Sampai nggak kuat untuk jalan bahkan pernah nih ya aku sampe ditemenin mama  BAB di kamar mandi. Agak sungkan sih ya,terlebih lagi aku udah gede. Tapi ya mau gimana lagi? Darurat🤭.

Aku mulai berpikir dengan omongan bapak yang berulang kali mengatakan,"Makannya olahraga jadi badan nggak kaku,nggak sakit kaya gitu",ucap bapakku dengan wajah kesal. Iya...emang ku akui,aku orangnya malas banget buat olahraga. Aku lebih betah berada di rumah berbulan-bulan dari pada meluangkan waktu untuk berolahraga barang sebentar,walau hanya sekedar jalan-jalan. Efeknya jadi begini nih...

Jadi mulai sekarang aku berusaha untuk meluangkan waktu sebentar untuk berolahraga. Kalau aku lebih suka bersepada,jadi setiap hari atau sehari sepedaan sehari nggak,pokonya aku usahakan dalam satu bulan itu minimal aku ada kegiatan keluar rumah.

Sejenak aku terpikirkan oleh masa sekolahku dulu yang sama sekali nggak pernah merasakan sakit saat datang bulan. Sampai temenku terheran-heran,"Devi,kok biasa aja ya kalo mens,kaya nggak lagi mens malah". Waktu itu aku bertanya-tanya emang sesakit itu ya? Aku normal nggak sih? Karena emang rata-rata temen,saudara,bahkan ibuku sendiri juga sakit kalau menstruasi. Tapi ternyata itu adalah hal yang patut aku syukuri untuk aku yang saat ini.

Ini adalah caraku untuk menghilangkan sakit tak tertahankan saat menstruasi. Bagaimana dengan kalian? Silahkan kasih komen ya.

Terimakasih yang sudah klik judul ini dan membacanya sampai tuntas😉.

Syukuri aja apa yang terjadi kepadamu. Walaupun kamu tidak merasakan apa yang orang lain rasakan. Karena bisa jadi itu adalah hal baik untukmu

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun