Mohon tunggu...
Devi Niq
Devi Niq Mohon Tunggu... Belajar untuk terus belajar

Mencari jalan menuju impian

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Daun Kelor, Si Tanaman Ajaib

24 Juni 2019   19:30 Diperbarui: 24 Juni 2019   19:46 75 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daun Kelor, Si Tanaman Ajaib
www.hararenews.co.zw

Dahulu daun kelor terkenal dengan kemistisannya. Banyak orang percaya bahwa daun kelor dapat mengusir makhluk halus. Bahkan pada kejadian tertentu, daun kelor dapat membantu untuk mempercepat kematian seseorang yang dianggap telah memiliki kesaktian tertentu. 

Kesaktian dianggap oleh masyarakat sebagai faktor yang akan mempersulit seseorang untuk menemui ajalnya padahal kondisi tubuh sudah sangat sakit. Sehingga kesaktian yang dimiliki perlu dilepaskan terlebih dahulu dengan cara memukul-mukulkan daun kelor pada seluruh tubuhnya.

Keajaiban daun kelor tidak hanya sebatas tentang hal-hal mistis, banyak manfaat dari daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini diperkuat dengan data yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan diantaranya adalah dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Berikut daftar manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui adalah:

  1. Mengobati kanker

  2. Menyehatkan mata

  3. Menurunkan kadar gula

  4. Mencegah penyakit jantung

  5. Antioksidan

  6. Menurunkan kolesterol

  7. Menjaga kesehatan ginjal

  8. Gizi untuk ibu menyusui

  9. Sebagai anti-aging

  10. Menyehatkan pencernaan

  11. Menjaga fungsi otak

  12. Mengobati cacingan

  13. Mengobati rematik

  14. Menjaga berat badan 

  15. Melindungi tubuh dari bakteri 

(Sumber: bulelengkab.go.id dan doktersehat.com)

Ibarat pohon kelapa yang seluruh bagiannya dapat digunakan untuk keperluan tertentu, setiap bagian dari tanaman daun kelor pun memiliki khasiat penting bagi kesehatan tubuh seperti di atas yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara.

Cara termudah yang dapat dilakukan untuk memperoleh efek samping baik dari konsumsi daun kelor adalah dengan cara mengolah daun kelor menjadi teh seduh yang bisa diminum setiap hari.

Berikut langkah-langkah dalam membuat teh seduh daun kelor rumahan yang sederhana akan tetapi istimewa khasiatnya.

1.Kenali Tanaman Daun Kelor

Tanaman daun kelor
Tanaman daun kelor
Daun kelor biasa ditemukan di pekarangan rumah dengan tinggi pohon rata-rata sekitar 8 -- 10 meter dengan daun yang lebat dan ujung-ujung rantingnya dipenuhi bunga berwarna kuning. Daun kelor berbentuk oval dengan ukuran yang kecil yang tersusun rapi pada tiap tangkai.  

2.Ambil Beberapa Bagian Daun Kelor

Daun kelor yang sudah dipetik
Daun kelor yang sudah dipetik
Tanaman daun kelor biasa tumbuh menjuntai tinggi ke atas. Cara termudah yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan daun-daunnya adalah dengan memetik daun beserta sedikit tangkainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x