Sekarang ini lebih banyak yang memulai bisnis UMKM, anak muda sekarang lebih memilih menjadi pengusaha. Karena usaha sekecil apapun, tetap pemilik usaha yang menjadi bos/ juragan. Jika mempunyai usaha sendiri seperti punya kebanggan tersendiri. Ada beberapa jenis usaha UMKM seperti usaha kuliner, fashion, toko kelontong hingga usaha kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Usaha UMKM kini juga semakin beragam dan kreatif. Dalam berusaha tentunya tetap berinovasi mengikuti perkembangan zaman.
Kepanjangan dari UMKM adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM adalah kegiatan atau usaha bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, ataupun badan usaha kecil. UMKM seringkali menjadi tulang punggung bagi ekonomi Indonesia karena punya peran yang sangat penting. UMKM membantu perekonomian negara karena memiliki kontribusi besar bagi Produk Domestik Bruto (PDB). UMKM juga membantu menciptakan lapangan pekerjaan karena mampu menyerap 97% tenaga kerja, sehingga mampu menekan angka pengangguran. UMKM juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, karena tersebar di wilayah perkotaan dan pedesaan dan biasanya harga produknya relatif lebih murah. UMKM juga dapat meningkatkan kemampuan berwirausaha karena manajeman keuangan sering dilatih secara mandiri.Â
Di zaman yang semakin canggih ini, pelaku UMKM kini harus memanfaatkan teknologi digital agar produk semakin dikenal luas dan tentunya membantu penjualan semakin meningkat. Pelatihan juga punya peranan penting bagi pelaku UMKM agar terus bisa berkembang dan tidak jalan ditempat, jadi tetap belajar tentang info terkini agar tidak ketinggalan. Kini sudah dipermudah dengan program Gadepreneur atau GadePreneur Space Pegadaian.Â
Gadepreneur adalah program pelatihan bisnis dan pembinaan intensif bersama mentor praktisi, program tersebut didukung oleh PT Pegadaian dan Young Entrepreneur Academy, kini usaha UMKM semakin naik kelas. Dalam pelatihan tersebut kita menjadi tahu apakah produk kita termasuk pasar potensial atau tidak, apakah produk kita menarik bagi konsumen dan alasan konsumen mau membeli produk kita karena apanya. Jika mempunyai produk bagus namun belum laku, kita akan dibina bagaimana strategi yang dibentuk, produk yang berkualitas memiliki target pasarnya sendiri. Kita juga bisa belajar bagaimana caranya konsumen mau membeli ulang produk kita dan produk kita direkomendasikan ke orang lain, karena barang cepat laku itu biasanya dari mulut ke mulut. Banyak ilmu yang didapatkan dalam pelatihan tersebut. Kalian bisa melihat secara detail di laman akun intagram dengan nama akun @gadepreneur.
Untuk GadePreneur Space sendiri merupakan sebuah website untuk mempromosikan produk dari usaha UMKM, menurutku ini adalah program yang sangat bagus. Ada rasa bangga karena dibuat dalam negeri dan dipergunakan untuk negeri. Di website tersebut tidak hanya menampilkan harga dan produk dari hasil usaha UMKM tapi juga ada artikel mengenai produk tersebut secara detail. Juga ada daftar dari brand-brand dari hasil usaha UMKM. Dengan begini promosi menjadi lebih mudah dan meluas, sehingga mampu diakses dari manapun. Untuk alamat websitenya bisa dilihat di https://www.gadespace.id.
"Wah" mungkin kata yang tepat bagiku untuk Pegadaian. Program-programnya sangat menarik, mulai dari layanan tabungan emas yang memudahkan untuk menabung emas. Lalu Program untuk peduli lingkungan dengan menggunakan panel surya dan mengolah limbah. Membantu petani naik kelas dengan pelatihan untuk meningkatkan hasil panen. Dan kini membuat program untuk membantu usaha UMKM dengan pelatihan yang intensif dan membuatkan website untuk mempromosikan hasil produk UMKM. Kesempatan untuk berkembang kini terbuka lebar, tinggal kita mau apa tidak untuk melakukannya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI