NAMA: DEVINA INDRIYANTI
NPM: 203516516400
MATA KULIAH : FILSAFAT KOMUNIKASI R 02
DOSEN PENGUJI: Th. Bambang Pamungkas, S.Sos.,M.I.Kom.
PROGRAM STUDI : ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
LATAR BELAKANG
Diera teknologi digital membawa masyarakat harus beradaptasi dengan segala bentuk perubahan dan kecanggihan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Media sosial sebagai platform interaksi global yang berfungsi sebagai tempat untuk bertukar pikiran, informasi, komunikasi, dan lainnya. Adanya interaksi di media sosial berdampak pada kehidupan di dunia nyata.
Contohnya pada awalnya tidak saling mengenal, berkomunikasi melalui media sosial, dan menumbuhkan hubungan interaksi yang positif dengan interaksi mereka memberikan dampak baik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dimudahkannya segala bentuk permasalahan karena adanya solusi-solusi yang diberikan, terpecahkannya masalah karena adanya pemecahan masalah yang baik, serta adanya dukungan yang diberikan.
Menurut Nasrullah (2015), media sosial adalah medium di internet yang dapat digunakan oleh pengguna untuk merepresentasikan dirinya atau berinteraksi, berkolaborasi, berbagi, dan juga berkomunikasi antar pengguna di ruang sosial secara virtual. Kehadiran media sosial kelahiran interaksi yang lebih beragam, bebas, dan global. Kita dapat berinteraksi tanpa batas ruang dan waktu dan juga tidak terbatas oleh jarak.
Seluruh masyarakat dapat berkomunikasi dengan siapapun di penjuru dunia melalui media sosial. Paper ini Nantinya akan melihat media sosial ini dengan 3 pendekatan filsafat yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Bagaimana seseorang dapat berinteraksi tanpa batas ruang dan waktu dan juga tidak terbatas oleh jarak. Seseorang dapat berkomunikasi dengan siapapun di penjuru dunia melalui media sosial. Lalu setelah itu akan melihat dan menjelaskan media sosial ini dengan 3 pendekatan filsafat yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Seseorang juga dapat berinteraksi tanpa batas ruang dan waktu dan juga tidak terbatas oleh jarak. Seseorang dapat berkomunikasi dengan siapapun di penjuru dunia melalui media sosial. Kita akan melihat media sosial ini dengan 3 pendekatan filsafat yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.