Mohon tunggu...
Devi Meilana Trisnawati
Devi Meilana Trisnawati Mohon Tunggu... Seorang Ibu Rumah Tangga, Pengajar Paruh Waktu dan Blogger

Pengagum Berat Westlife. Menaruh cinta pada dunia Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ketika Televisi "Masih" Menjadi Primadona Menjelang dan Selepas Berbuka Puasa

19 April 2021   22:56 Diperbarui: 19 April 2021   23:40 400 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Televisi "Masih" Menjadi Primadona Menjelang dan Selepas Berbuka Puasa
Kipli dan Saprol, Karakter pada sinetron Kiamat Sudah Dekat. Sumber: pop.grid.id

Lahir sebelum era milenium, mempunyai keuntungan tersendiri bagi kita generasi 90-an. Belum mengenal gawai sejak dini, kita hanya disibukkan dengan kegiatan di luar rumah untuk bermain dan berkumpul bersama teman-teman. Apabila sudah dirumah pun, selepas mandi dari bermain, kita akan langsung unboxing kotak hitam persegi elektronik, atau menghidupkan televisi untuk segera menonton program-program acara favorit pada masa itu.

Tidak terkecuali, saat bulan Ramadan tiba, kita yang sudah tidak kuasa menahan lapar dan segera menanti waktu azan maghrib akan membunuh waktu dengan menonton televisi. Melalui konten-konten khas Ramadan yang diperuntukkan bagi segala usia, membuat kita betah berlama-lama hingga tanpa terasa bedug pun menggema. Bersama kakak, adik, teman bahkan orang tua kita bersama berada dalam satu bingkai, yaitu ruang tengah untuk menonton televisi.

Era Milenium, Jauh Sebelum Gawai Menggeser Televisi

Melihat anak-anak yang sedang asyik menunduk dengan gawai masing-masing, membuat saya prihatin akan situasi jaman masa kini. Tanpa bergurau dan bertegur sapa, dalam kediaman mereka seperti bermain dengan pikiran sendiri dan menjelajahi alam maya, yang secara tidak sadar membuat apatis terhadap lingkungan sekitar. Mereka dalam satu tempat, berdampingan tetapi mereka mempunyai dunia masing-masing.

Situasi berbeda 180 derajat pada era 2000-an, kala gawai masih terjangkau hanya untuk kalangan dewasa, dan anak-anak masih sangat bersahabat erat dengan televisi. Program acara televisi khas Ramadan yang ditampilkan masih sangat cocok dengan usia anak-anak pada jaman tersebut. menyatukan seluruh teman sepermainan. Masih membekas di memori program acara Lorong Waktu dan Kiamat Sudah Dekat.

Lorong Waktu, Acara Televisi Yang Paling Ditunggu

Nama "Zidan" mungkin sangat familiar bagi anak-anak generasi 90-an. Nama yang menjadi tokoh utama dalam sinetron mengusung tema fiksi, komedi dan religi ini sangat disukai anak-anak. Karakternya sebagai santri yang lucu, bandel namun taat beragama menjadi sosok yang membuat acara televisi Lorong Waktu sangat digemari. Acara ini pertama kali muncul sekitar tahun 1999 hingga 2006 dengan 6 musim yang telah ditayangkan di SCTV menjelang berbuka puasa.

Lorong Waktu mengisahkan sebuah petualangan yang dapat dilakukan dengan sebuah mesin waktu, berupa , yang ditemukan oleh Ustaz Addin, ahli pada bidang teknologi informasi.  Lorong tersebut dapat membawa siapa saja yang memasukinya untuk melakukan perjalanan ke masa lampau ataupun masa depan. Ketika Zidan dan Pak Haji memasuki lorong tersebut, mereka akan membuat petualangan yang sangat menarik dan mempunyai nilai sejarah dan moral.

Karakter Pak Haji, Zidan dan Ustaz Addin. Sumber: idntimes.com
Karakter Pak Haji, Zidan dan Ustaz Addin. Sumber: idntimes.com
Para pemeran sinetron Lorong Waktu pun tergolong orang yang sangat dikagumi. Dedy Mizwar sebagai Bapak Haji sekaligus produser menjadi tokoh utama dalam sinetron ini. Mungkin, kita harus berterima kasih dengan sosok beliau karena telah memberikan edukasi melalui karyanya, yaitu program Lorong Waktu yang luar biasa. Selain pak Dedy, adapula Adjie Pangestu,  Dicky Chandra dan Hefri Olifian yang memerankan tokoh Ustaz Addin, pada musim yang berbeda. Sedangkan tokoh Zidan adalah Jourast Jordie, yang berhasil memikat hati para penontonnya. Gemas!

Kiamat Sudah Dekat, Acara yang Menyatukan Keluarga Dan Kerabat

Jika selepas berbuka dan salat Tarawih kita segera berada di kasur dan memegang gawai, lain halnya ketika era 2000-an masih berlangsung. Justru, keluarga akan berkumpul dan menyempatkan waktu menonton bersama hanya untuk sinetron Kiamat Sudah Dekat.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x