Mohon tunggu...
Devi Kurniasari
Devi Kurniasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi membaca cerita di wattpada ataupun novel

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mengapa UMKM Harus Go Digital?

17 Mei 2023   12:02 Diperbarui: 17 Mei 2023   12:21 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Memasuki 2020 akhir pada saat indonesia sedang terserang wabah covid-19,strategi pemasaran pada UMKM sudah harus bertransformasi ke digitalisasi karena pada saat terserang wabah covid-19 kita tidak bisa keluar rumah dan beraktivitas di luar rumah. Jadi untuk mempermudah berbelanja ataupun kerja kita harus mengubah sistem menjadi sistem digitalisasi. Karena semakin bertambahnya tahun maka semakin berkembang juga teknologi di indonesia.

Go digitalisasi juga mempermudah jangkauan kita ketika ingin berbelanja online dan itu juga mempermudah untuk ga keluar rumah ataupun pergi ke offline store. Dan juga perkembangan teknologi juga semakin pesat, banyak e-commerce yang laris manis sebagai pilihan masyarakat untuk berbelanja dan transaksi.

Go digitalisasi pada UMKM juga bisa membuat UMKM yang berada di indonesia semakin mengikuti perkembangan teknologi zaman, adapun beberapa alasan kenapa UMKM di indoneia harus transformasi ke digitalisasi :

  • Untuk Menjangkau Pasar yang Lebih Luas.
    Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM agar memanfaatkan ekosistem digital adalah demi memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sejak dari dulu memang menjadi kendala utama bagi bisnis kecil. Namun, saat ini hal tersebut sudah bisa diminimalisir berkat kehadiran sosial media serta website yang jangkauan pemasarannya bisa menembus batasan marketing tradisional.
    2. Meminimalisir Hilangnya Target Pasar.
    Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kehilangan pasar adalah kecenderungan pengguna yang mulai nyaman dengan ekosistem digital. Mulai dari jasa transportasi, pesan makanan secara, transaksi, hingga belanja kebutuhan secara online. Jika bisnismu tidak menyesuaikan dengan kebiasaan ini, maka bersiaplah untuk kehilangan potensi pendapatan dari konsumen yang semakin dimanjakan dengan kemudahan akses online.
    3. Pertumbuhan Pengguna Internet yang Kian Pesat.
    Jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun selalu meningkat secara signifikan. Terutama setelah dicetuskannya proyek satelit Palapa Ring yang mampu menjangkau lebih banyak kota di daerah perbatasan. Dengan berbekal data tersebut rasanya sangat masuk akal bagi para pelaku UMKM untuk mulai merambah pasar digital jika bisnisnya ingin tetap relevan.
    4. UMKM Menjadi Lebih Profesional.
    Dengan go digital, UMKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan, tapi juga mulai memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Walaupun masih menyandang status UMKM, bisnis kamu akan mendapatkan nilai lebih dari calon pelanggan jika sudah memiliki sosial media dan website sebagai media pemasaran.
    5. Biaya Operasional Lebih Rendah.
    Salah satu manfaat go digital yang paling menyenangkan adalah bisa menekan biaya operasional. Bagi para pelaku UMKM biaya operasional seperti sewa kios, workshop, serta pemasaran offline tentu sangat memberatkan. Dengan go digital para pegiat UMKM bisa lebih menghemat modal karena tidak harus memiliki toko fisik agar produk bisa dikenal. Pasalnya, saat ini website sudah bisa menjadi semacam showcase tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian. Biaya operasional dan pembuatan website pun saat ini sudah sangat terjangkau.
    6. Budget Pemasaran Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan.
    Siapa bilang pemasaran digital harus mengeluarkan banyak uang? Pada prinsipnya budget pemasaran digital justru lebih transparan dan akuntabel dibandingkan metode pemasaran offline yang memerlukan waktu serta tenaga ekstra. Untuk memperkenalkan bisnis, kamu bisa memanfaatkan platform email yang bisa mengirim pesan ke ribuan orang sekaligus dalam beberapa kali klik. Selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa efektif kampanye yang dilakukan berkat adanya fitur analytics yang merekam setiap respon dari pelanggan.
    7. Pertumbuhan Lebih Cepat.
    Alasan terakhir yang menjadi dasar bagi para pelaku UMKM terletak pada faktor pertumbuhan yang lebih cepat. Kecepatan penyebaran informasi saat ini memang menjadi kunci utama dalam setiap bisnis digital, dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal maka jumlah orang yang melihat produk kamu dipastikan bakal lebih banyak dan lebih beragam. Alhasil, potensi penjualan bisa semakin besar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun