Mohon tunggu...
Devi Hapsari
Devi Hapsari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

"Kids Jaman Now", Membatasi atau Dibatasi Cara Gue Beda

21 November 2017   21:14 Diperbarui: 21 November 2017   21:44 1072
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Membaca buku sarana membatasi gadget pada anak (doc pribadi)

Teknologi yang semakin berkembang saat ini, membuat orang tua harus semakin pintar menentukan penggunaan internet yang sehat bagi anak. Sebagai seorang ibu,   terkadang seringkali merasa "miris" ketika melihat anak-anak jaman now yang lebih memilih gadget ketimbang membaca buku cerita atau bermain dengan teman. Anak jaman now lebih memilih bercita-cita menjadi selebgram (selebritis instagram) ketimbang menjadi dokter, pilot atau lainnya. Selebgram lebih bisa terkenal,dan dapat duit pastinya katanya. Lihat saja di instagram bersliweran kelakuan anak-anak jaman now yang suka bikin geleng-geleng. 

Flash back ke jaman saya dulu tahun 90' an, saya langganan majalah cerita anak-anak BOBO dan setiap terbit pasti saya dan teman-teman antri rebutan untuk membacanya. Sore harinya, kami bermain loncat karet, tak benteng, ular naga, yang pasti seru bila diiingat. 

Tapi sekarang, pemandangan itu sudah tidak ada  lagi. yang ada hanya anak-anak yang duduk asik memainkan gadget tanpa berkedip  mata.  Hal seperti ini yang orang tua harus khawatirkan. Membatasi atau dibatasi itu yang menjadi jawabannya. Jangan sampai para orang tuapun malah asik dengan gadget nya masing-masing. 

Saya sering berdebat dengan ibu-ibu tentang anak untuk bisa membaca. Kekhawatiran saya tentang anak saya adalah anak saya sudah berusia 5 tahun dan saya sedang getol-getolnya mengajarkan membaca. Ibu-ibu menanggapinya bahwa anak tidak perlu diharuskan bisa membaca jika belum waktunya. Menurut saya, hal itu tidak berlaku lagi untuk jaman now. 

Yang pasti hal yang saya lakukan beda..karena GueBeda. Kenapa? ya..lihat saja perkembangan sekarang. Gadget, game yang beraneka -rupa tinggal sekali downlod. Sukur-sukur jangan sampai anak melihat isi facebook atau instagram yang aneh-aneh. Kenapa saya getol supaya anak saya membaca, karena saya ingin anak saya lebih memilih buku ketimbang gadget. Terbukti, dengan bisa membaca saat ini anak saya setiap malam membaca buku cerita waupun hanya 15 menit . Membaca buku menjadi salah satu sarana membatasi penggunaan gadget pada anak.

Membacapun bisa menjadi jembatan yang asik buat orang tua sambil menemani anak dan bisa lebih dekat dengan anak. Terkadang saya sering mengajak anak membaca diuar rumah seperti di taman . Membaca di luar rumah membuat anak jadi tidak bosan dan selalu semangat ingin tau isi dari buku tersebut. Yang pasti bila bermain di luar rumah, musuh utama adalah nyamuk-nyamuk nakal.

Eitss...gak perlu takut ya dengan nyamuk. Karena saya punya sesuatu yag beda karena GueBeda. Andalan saya yang jadi kekinian adalah si kecil mungil KayuPutihAroma Cap Lang Aromatheraphy Lavender. Minyak kayu putih aromaterapy lavender merupakan minyak aromaterapy dengan aroma yang lembut dan menenangkan terbuat dari ekaliptus murni  membantu meredakan masuk angin, sakit perut, perut kembung, rasa mual, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga/nyamuk, serta membantu melegakan pernafasan. wah, lengkap sekali manfaatnya ya. Kecil tapi khasiatnya luar biasa. 

Hal yang lain yang membuat anak membatasi pengunaan gadget adalah dengan mengajaknya berolah- raga, berenang bersama keluarga. Nah, cara ini juga asik untuk dilakukan. Persiapkan perlengkapan berenang, dan yang pasti tetap membawa KayuPutihAroma Cap Lang Aromatheraphy Lavender.Gak perlu khawatir anak kembung setelah berenang.  Hangat dipakainya, anakku suka sekali dengan baunya. Usapkan pada bagian tubuh, terutama perut supaya gak kembung dan menghangatkan anak setelah berenang.

si keci mungil yang berkhasiat (doc pribadi)
si keci mungil yang berkhasiat (doc pribadi)

Nah kan, banyak hal yang bisa dilakukan orag tua untuk membatasi penggunaann gadget di era anak jaman now. Teknologi bisa semakin berkembang tapi kita juga harus semakin pintar memilah yang baik dan yag buruk. Jadilah orang tua yang bijak untuk menyikapi anak jaman now agar anak tidak merasa dibatasi. Disegala situasi dan kondisi, untuk mendukungnya jangan lupa dengan KayuPutihAroma. (hehehehehe...peace)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun