Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Long life hallucinations

Pacitan Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal

2 April 2021   22:37 Diperbarui: 2 April 2021   22:41 399 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal
www.tribunnewswiki.com

          Kewirausahaan merupakan bagian penting dalam pembangunan ekonomi. Orang-orang yang memiliki jiwa kewirausahaan biasanya punya impian yang tinggi serta berani mencoba hal baru. Dengan sifatnya ini bukan tidak mungkin akan tercipta inovasi-inovasi baru dalam berbagai bidang. Jadi intinya kewirausahaan adalah sebuah usaha atau bisnis inovatif yang dimulai dengan keberanian dalam mengambil peluang.
          Kewirausahaan berbasis kearifan lokal menjadi terobosan untuk melangkah kedepan tanpa merusak tatanan sosial masyarakat. Kearifan lokal sendiri berkaitan erat dengan suatu budaya yang menjadi ciri khas kehidupan masyarakat tertentu. Jadi secara mendalam kearifan lokal dapat dikatakan sebagai sarana untuk mempertahankan hidup. Oleh karena itu, kewirausahaan berbasis kearifan lokal dapat mendukung suatu masyarakat berkembang tanpa kehilangan ciri khas atau jati dirinya.
          Jamu tradisional adalah salah satu kearifan lokal yang berasal dari kekayaan alam yang melimpah. Pengolahan jamu tradisional telah dilakukan sejak zaman nenek moyang dan resepnya digunakan secara turun-temurun. Selama ini kita pasti juga sudah familiar dengan cara penjualan jamu yang identik dengan wanita berpakaian adat Jawa yang menggendong bakul besar berisi botol-botol jamu. Namun seiring berjalannya waktu penjualan jamu tradisional juga sudah merambah ke toko-toko hingga yang dikemas secara pabrikan seperti contoh jamu merek Gujati.
          Sampai saat ini jamu masih menjadi ramuan yang banyak diminati dan dijaga kelestariannya sebagai kearifan lokal. Jamu menjadi produk berkhasiat yang tidak hanya digunakan sebagai obat namun juga merupakan minuman sehat yang menyegarkan. Dengan adanya jamu maka kekayaan flora indonesia tetap lestari karena akan terus dibudidayakan.
          Dengan semua fakta seputar jamu tersebut, maka usaha jamu terbilang masih sangat menjanjikan. Selain karena target pasarnya luas, bahannya pun melimpah. Pengolahannya juga tidak harus menggunakan alat serba canggih karena bisa diolah dengan cara sederhana  menggunakan peralatan rumah biasa. Untuk penjualannya juga juga banyak alternatif tempat dan sekarang penjualan online juga cukup menjanjikan.
          Dalam bidang kewirausahaan, usaha jamu dapat dikembangkan secara lebih kreatif lagi, baik dari segi pengolahan maupun pengemasan. Karena dalam pesatnya perkembangan dunia, meskipun hanya jamu tradisional namun juga harus berjalan beriringan mengikuti perkembangan. Hal ini dimaksudkan agar jamu tradisional bisa tetap eksis dalam arus globalisasi tanpa harus kehilangan nilainya sebagai kearifan lokal.
          Merujuk pada salah satu manfaat kewirausahaan yaitu untuk membangun sebuah bisnis sebagai solusi untuk permasalahan sosial, maka lebih baik jika dalam pemgembangannya melibatkan masyarakat yang bersangkutan. Dengan demikian suatu usaha tidak menelantarkan pebisnis kecil yang menjadikan usahanya sebagai mata pencaharian utama.
          Demikian maka jamu adalah kearifan lokal yang memiliki peluang luas untuk dijadikan ide sebuah usaha. Kewirausahaan sebagai solusi kreatif dapat menjadikan jamu tradisional sebagai kearifan lokal berkembang tanpa kehilangan nilainya.

VIDEO PILIHAN